Kuta (Antara Bali) - Akibat penundaan keberangkatan pesawat Garuda dari Bandara Ngurah Rai Bali, calon penumpang pesawat Garuda tujuan Jakarta akhirnya dialihkan ke maskapai penerbangan lain.

General Manager PT Angkasa Pura I Ngurah Rai Purwanto, Kamis mengatakan, dari perundingan yang dilakukan dengan pihak Garuda, penumpang GA 407  tujuan Jakarta akhirnya dialihkan ke GA 405 dan GA 409.

"Sebagian lagi dialihkan ke Air Asia," katanya.

Sebelumnya, puluhan penumpang pesawat Garuda sempat melakukan protes kepada petugas bandara di pos jaga Gate 17 lantaran para penumpang tersebut terkatung-katung akibat penundaan dan pembatalan keberangkatan di sejumlah tempat.

Jadwal penerbangan dengan maskapai Garuda dari Bali tersebut yakni penerbangan dengan nomor GA. 438 tujuan Kupang yang seharusnya berangkat pukul 11.00 Wita namun sempat mengalami penundaan kemudian dibatalkan.

Sementara para petugas bandara yang turut mendapat protes mengatakan kepada para calon penumpang bahwa pihak Garuda menginformasikan tidak ada pesawat alternatif ke Kupang, sehingga petugas bandara tidak dapat berbuat apa-apa.

Sedangkan pesawat dengan nomor penerbangan GA 407 tujuan Jakarta seharusnya berangkat pukul 12.05 Wita sempat mengalami pembatalan, penerbangan dengan nomor GA 409 tujuan Jakarta seharusnya berangkat pukul 13.20 Wita mengalami penundaan. Dan pesawat dengan nomor penerbanganGA 653 tujuan Jakarta mengalami penundaan.

Puluhan calon penumpang Garuda tersebut sempat merasa kesal dengan pihak perusahaan Garuda yang hanya menjanjikan akan mengantisipasi adanya pembatalan.

Di ruang tunggu penumpang terminal keberangkatan domestik, puluhan penumpang tersebut sempat melakukan komplain kepada petugas bandara yang ada dan mempertanyakan nasib mereka.

Seperti salah seorang penumpang Garuda tujuan Kupang, Indro Gutomo juga marah serta kecewa.

"Besok pagi kami ada acara seminar. Tadi dijanjikan mau diinapkan di hotel, dan besok pagi berangkat dan belum jelas berangkat jam berapa, dan mau diinapkan dimana," katanya.

Sebelumnya, di Jakarta sejumlah pilot Garuda berencana melakukan mogok terbang lantaran para pilot Garuda yang berkewarganegaraan Indonesia protes gajinya berbeda dengan pilot Garuda dari warga asing.(*)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011