Denpasar (Antaranews Bali) - Asosiasi pengusaha penyewaan mobil daerah (Asperda) siap mendukung kebutuhan transportasi para delegasi menjelang pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia di Nusa Dua, Bali, Oktober 2018.

"Kami akan berikan pelayanan terbaik untuk mendukung perhelatan akbar itu," kata Ketua Umum DPP Asperda Hermawan Jeffrivan ketika menghadiri rapat pimpinan nasional Asperda di Denpasar, Senin.

Menurut dia, jumlah armada dari 10 provini perwakilan Asperda mencapai sekitar 10 ribu kendaraan yang sebagian di antaranya dapat digunakan untuk mendukung kebutuhan transportasi saat pertemuan itu berlangsung.

Berkaca dari pengalaman sebelumnya saat melayani kebutuhan KTT APEC tahun 2013 dan kunjungan Raja Salman dari Arab Saudi, Hermawan mengatakan sebagian kendaraan sewa di Bali dipasok dari Asperda Jawa Timur seperti Surabaya dan Sidoarjo, Jakarta dan Jawa Tengah.

Apalagi saat pelaksanaan pertemuan ekonomi prestisius itu akan dihadiri sekitar 17 ribu orang atau jumlahnya berkali lipat dibandingkan pelaksanaan KTT APEC, maka jumlah kendaraan sewa diperkirakan juga melonjak.

Selama ini, kata dia, kendaraan sewa yang banyak dipesan di antaranya kendaraan roda empat mewah jenis Alphard dan sedan jenis Camry.

Senada dengan Hermawan, Wakil Ketua Asperda Bali Aryanto mengatakan bahwa dukungan kendaraan dari luar Bali diperkirakan mencapai sekitar 30-35 persen namun jumlah itu bisa melonjak tergantung pemesanan.

"Kami ikut dukung dan armada yang kami siapkan harus benar-benar layak. Kami sudah berkoordinasi dengan Asperda provinsi terdekat untuk membantu memenuhi kebutuhan," ucapnya.

Sementara itu terkait harga, Aryanto mengatakan hingga saat ini belum komunikasi penentuan harga sewa kendaraan mewah.

Namun harga saat ini yang berlaku untuk penyewaan kendaraan jenis Alphard, Aryanto menyebutkan dipatok di atas Rp1 juta termasuk bahan bakar dan sopir untuk 10 jam durasi penyewaan.

Sedangkan untuk mobil jenis Camry harga sewa dipatok mencapai di atas Rp2,1 juta termasuk BBM dan sopir untuk 10 jam. (*)

Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018