Singaraja (Antaranews Bali) - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali secara resmi telah melepas Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa (Menwa) untuk mengikuti pembekalan pendidikan tahap dasar di Rindam IX Udayana, Tabanan.

"Kegiatan pendidikan tahap dasar ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan rasa tanggung jawab anggota dalam mengikuti kegiatan yang dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya oleh UKM Menwa Undiksha Batalyon 920/Jayastamba yang wajib diikuti oleh setiap calon anggota baru," kata Wakil Rektor III, Dr. I Gusti ngurah Pujawan, M.Kes, di kampus setempat, Senin.

Rencananya, pendidikan tahap dasar ini akan di laksanakan selama 14 hari dari tanggal 19 Februari  sampai dengan  3 Maret 2018 yang puncak latihannya akan dilaksananakan tradisi pembaretan jalan jauh dari Margana sampai Pantai Padang Galak.

Untuk materi yang diberikan antara lain tata upacara militer, peraturan baris berbaris (PBB), peraturan umum dinas dalam, pengenalan senjata ringan, taktik dasar tempur, survival, dan materi materi kedisiplinan lainnnya.

“Menwa Undiksha dalam setiap kegiatan sangatlah membantu guna menjaga keamanan dan kenyamanan setiap proses kegiatan acara yang diselenggarakan oleh Undiksha,” katanya, didampingi Komandan Menwa Undiksha, Ni Kadek Ria Wulandari.

Dalam kesempatan itu, Komandan Menwa Undiksha menambahkan anggotanya saat ini berjumlah 50 orang, khusunya saat ini Undiksha mengirim 25 orang delegasi peserta sebagai angkatan ke-32, yang tergabung dalam Skomen Ugracena Provinsi Bali.

Puluhan universitas yang ada terdiri dari Universitas Udayana (15 orang), Undiksha (25 orang), UNHI (9), Universitas Mahendradata (3), Universitas Warmadewa (2), Undiknas (3), Universitas Maha Saraswati (19), IHDN (3), IKIP PGRI BALI (9), Stikes Bali (16 orang), dan STAH N Mpu Kuturan sebanyak (10 orang).

Peserta diklatsarmil menwa angkatan ke-32 tahun 2018 terdiri dari Fakutas Olah Raga dan Kesehatan, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Pendiikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Fakultas Bahasa dan Seni.

Dari keikutsertaan setiap fakultas dan anggota selama perjalanan kegiatan UKM Menwa terdapat berbagai prestasi yang pernah dirasakan seperti keikutsertaan dalam kegiatan lomba namapak tilas, pelatihan intelegensi dan prestasi yang tidak hanya ditunjukkan dengan memperoleh juara namun lebih pada perilaku keseharian mereka menjalankan tugas yang diberikan. (ed)

Pewarta: Krisna Arisudana

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018