Mangupura (Antaranews Bali) - Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta, bertatap muka dengan `krama pengempon` Pura Puseh Desa Jehem, di kawasan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali, Selasa.

"Saya pada prinsipnya sangat mendukung apa yang menjadi harapan `krama` yang akan menggelar `yadnya` yang cukup besar yakni `Karya Ngenteg Linggih`," kata Bupati.

Dalam keterangan pers dari Humas Pemkab Badung yang diterima Antara disebutkan "simakrama" (temu wicara/tatap muka) itu digelar berkaitan dengan "Karya Ngenteg Linggih" di Pura Puseh Desa Jehem pada 2019.

Didampingi Wabup Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, Ketua DPRD Kabupaten Bangli Ngakan Made Kutha Parwata, Bendesa Adat Tambahan Desa Jehem, Dewa Made Rajeg, beserta tokoh masyarakat setempat, Bupati Giri Prasta menyampaikan apresiasi kepada `krama pengempon` Pura Puseh Jehem.

Selain itu Giri Prasta juga menyerahkan punia secara pribadi sebesar Rp25 juta. "Semangat krama melaksanakan `karya` ini sesuai dengan salah satu konsep ajaran Tri Hita Karana yaitu bagaimana meningkatkan hubungan harmonis antara manusia dengan Tuhan," ujarnya.

Bupati Giri Prasta juga menambahkan bahwa apa yang dilaksanakan oleh `krama` tersebut juga sangat sejalan dengan apa yang menjadi prioritas pembangunan yang ia jalankan di Kabupaten Badung yaitu komitmen memberdayakan dan melestarikan seni, adat, budaya, dan agama.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Giri Prasta juga menjelaskan program dan kegiatan Pemkab Badung khususnya dalam melaksanakan pemerataan pembangunan di wilayah Bali.

"Pemkab Badung setiap tahun telah memberikan bantuan melalui penyisihan pajak dan retribusi daerah kepada enam Kabupaten di Bali termasuk Kabupaten Bangli. Untuk tahun ini masing-masing kabupaten menerima bantuan masing-masing Rp50 miliar," ujar Giri Prasta,

Bupati Giri Prasta menambahkan, Badung juga membantu program bedah rumah sebanyak 2.000 rumah dan 250 program bedah rumah diantaranya dilakukan di wilayah Kabupaten Bangli dengan masing-masing mendapat bantuan Rp50 juta.

Sementara itu, Bendera Adat Tambahan Desa Jehem, Dewa Made Rajeg, mengaku kehadiran Bupati Giri Prasta diharapkan dapat memberi petunjuk dan dukungan terkait pelaksanaan "Karya Ngenteg Linggih Bhatara Turun Kabeh" yang akan dilaksanakan pada tahun 2019.

"Petunjuk maupun dukungan dari Bapak Bupati Giri Prasta memang sangat kami harapkan sebagai dasar kami dalam melaksanakan `yadnya`," katanya. (*)

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018