Denpasar (Antaranews Bali) Sebanyak 10 mahasiswa University Charles Darwin, Australia, bekerjasama dengan Akademi Kebidanan Kartini mengikuti praktik magang di Puskesmas I Denpasar Selatan guna mempelajari pelayanan kesehatan ibu dan anak.

 "Selama mahasiswa kami melakukan praktek magang di puskesmas tersebut, mereka agar dapat secara langsung menyaksikan pelayanan KIA kepada warga masyarakat, khususnya di Denpasar," kata dosen University Charles Darwin, Angela Bull Mpho Ncube saat bertatap muka dengan Kepala Puskesmas I Denpasar Selatan dr Anak Agung Ngurah Gede Dharmayuda di Denpasar, Selasa.

Praktik magang yang sekaligus melihat pelaksanaan program KIA di tingkat layanan dasar karena di Australia pelayanan kesehatan ibu dan anak (KIA) kebanyakan di rumah sakit atau dokter spesialis.

  Ia berharap dengan adanya kegiatan magang tersebut dapat menjadi suatu langkah untuk menjadi pelajaran dan bermanfaat bagi mahasiswa dan pelayanan warga masyarakat.

"Kami sangat kagum dengan pelayanan yang diberikan Puskesmas I Densel kepada warga masyarakat. Kami berharap kunjungan serta proses magang ini dapat memberi manfaat kepada mahasiswa, dan ke depan ilmu yang di dapat menjadi langkah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Angela Bull.

Kepala Puskesmas I Denpasar Selatan Anak Agung Ngurah Gede Dharmayuda menyambut baik kedatangan para mahasiswa yang akan melaksanakan proses belajar di Puskesmas I tersebut.

Ia berharap dari kegiatan tersebut dapat memberi masukan dan saran untuk meningkatkan pelayanan kepada warga masyarakat.    
    
"Ke depan kami harapkan dari kegiatan ini dapat menjadi pembelajaran bersama di dalam meningkatkan pelayanan. Untuk itu perlu melakukan persiapan sejak dini agar pelaksanaan pembelajaran itu berjalan lancar dan menuai hasil yang dapat dijadikan tolak ukur untuk meningkatkan pelayanan kepada warga masyarakat," ujarnya.

Kunjungan dosen dari negeri Kanguru itu guna meninjau langsung pelaksanaan pelayanan sekaligus mempertegas kehadiran 10 mahasiswanya yang akan magang di Puskesmas I Denpasar Selaan pada bulan Juni 2018     
    
"Kami berharap juga kegiatan itu terus dilaksanakan dan program ini bisa berjalan lancar serta memberi efek positif di dalam memberi pelayanan kepada masyarakat. (WDY)

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018