Denpasar (Antaranews Bali) -Keberadan Sungai (Tukad) Bindu di kawasan Kelurahan Kesiman, Kecamatan Denpasar Timur, Bali, menjadi salah satu kawasan wahana air dan kini dilengkapi fasilitas olahraga berupa peralatan "fitness".

"Pemkot Denpasar melengkapi fasilitas `fitness` di kawasan Sungai (Tukad) Bindu yang sekaligus menjadi taman rekreasi bagi warga masyarakat setempat," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar Ketut Wisada di Denpasar, Selasa.

Ia mengatakan kawasan sungai yang ditata oleh pemerintah kota juga dilengkapi peralatan olahraga, termasuk juga sungai di kawasan Loloan, Desa Sanur.

"Langkah tersebut merupakan gagasan dan menjadi dorongan Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dan Wakilnya I Gusti Ngurah Jaya Negara dengan tujuan agar semua sungai di Kota Denpasar menjadi ruang terbuka hijau," ucapnya.

Wisada mengatakan dengan disediakan tempat "fitness" diharapkan warga masyarakat bisa berolahraga sambil menikmati indahnya pemandangan Sungai Bindu.

"Dengan adanya tempat `fitness` juga berharap dapat mempromosikan wisata sungai bersih di seluruh Kota Denpasar," ujarnya.

Dari penataan sungai tersebut telah menjadikan Sungai Bindu meraih penghargaan di tingkat nasional dalam lomba "Kali Bersih".

Sementara itu, Kepala Lingkungan Banjar Ujung, Kecamatan Denpasar Timur yang sekaligus Komunitas Kali Bersih, Gusti Rai Ari Temaja mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar karena telah memfasilitasi tempat olahraga "fitness" di kawasan sungai itu.

"Semoga dengan bertambahnya fasilitas, saya berharap warga masyarakat semakin banyak berkunjung ke Sungai Bindu, sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitarnya," kata Ari Temaja.

Ia mengatakan Pemkot Denpasar telah melakukan revitalisasi beberapa sungai di Denpasar, di antaranya Sungai Bindu, Sungai Tagtag dan Sungai Loloan. Bahkan sebelum direvitalisasi menjadi tempat membuang sampah dan limbah.

"Pemkot melakukan penataan sungai bersama masyarakat untuk memberikan edukasi kebersihan dan dimanfaatkan warga menjadi taman rekreasi, `Jogging track`, tempat mancing, arisan dan bersepeda," katanya. (WDY)

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018