Singaraja, (Antara Bali) - Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Negeri Mpu Kuturan Singaraja menggelar Tirtha Yatra atau bersembahyang keliling ke sejumlah Pura di Pulau Dewata bersama unit kegiatan mahasiswa (UKM) Upakara setempat.

Tirtha Yatra menyambangi beberapa Pura yakni Pura Sebatu di Tegalalang Kabupaten Gianyar, Pura Gunung Raung Gianyar dan Pura Sudamala masuk dalam wilayah Kabupaten Bangli.

Ketua STAHN Mpu Kuturan, Prof Dr Drs I Made Suweta MSi, mengatakan bahwa pihaknya memberikan apresiasi kepada UKM Upakara dapat melaksanakan tirtha yatra sebagai upaya meningkatkan keyakinan dan keteguhan beragama bagi para mahasiswa.
 
Suweta menilai mahasiswa bukan hanya dituntut kritis secara akademik tetapi juga memiliki sradha (keyakinan) yang kokoh dalam hal keagamaan dan kehidupan spiritual.

Selain itu, mahasiswa juga dituntut selalu memiliki jiwa kepedulian terhadap sesama. Terbukti pada kegiatan itu juga disalurkan bantuan dana punia kepada pemangku yang ada di Pura Gunung Raung.

"Kami berharap kegiatan ini dapat dilanjutkan terus sebagai upaya meningkatkan sradha bhakti mahasiswa kami," kata Suweta di sela-sela kegiatan.

Sementara itu, Pembina UKM Upakara STAHN Mpu Kuturan Ketus Agus Nova. S.Ag.M.Fil.H mengatakan kedepan tirtha yatra direncanakan akan rutin digelar.

"Nanti rencana akan terus berlanjut dan sesuai juga dengan kebijakan pimpinan di kampus. Kami pun berharap agar kegiatan ini dapat diikuti lebih banyak mahasiswa lagi nantinya," papar dia. (bgs)

Pewarta: Zeynita Gibbons

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017