Mangupura (Antara Bali) - Kabupaten Badung, Provinsi Bali, kembali meraih penghargaan di bidang koperasi berupa Paramadana Utama Nugraha Koperasi yang akan diterima pada Peringatan Hari Koperasi Nasional.

"Dengan diterimanya penghargaan kedua kalinya itu membuat Kabupaten Badung dinyatakan sebagai Kabupaten Pertama Penggerak Koperasi di Bali," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Badung, I Wayan Weda Dharmaja, di Mangupura, Senin.

Dia mengatakan, Paramadana Utama Nugraha Koperasi yaitu penghargaan atas komitmen kebijakan Pemerintah Daerah yang dinilai sangat berpihak kepada koperasi dengan memberikan dukungan sarana prasarana dan alokasi anggaran yang cukup untuk memberdayakan koperasi serta pelaku usaha mikro dan menengah.

"Penghargaan tersebut akan diterima langsung Bupati Badung, AA Gde Agung, saat peringatan Hari Koperasi Nasional di Jakarta, 13 Juli," ujarnya.

Wayan Weda menjelaskan, penghargaan tersebut merupakan yang kedua kali diterima kabupaten terkaya di Bali itu. Penghargaan pertama diperoleh Kabupaten Badung pada tahun 2007, yakni Paramadana Utama Koperasi.

Penganugerahan itu tidak terlepas dari perhatian pemerintah kabupaten terkait kebijakannya, yang memberikan perhatian besar terhadap koperasi dan UMKM, seperti pemberian permodalan kepada koperasi, peningkatan SDM pengelola koperasi, bantuan kredit tanpa anggunan kepada koperasi dan UMKM.

Hal tersebut sejalan dengan visi dan misi Bupati Badung, yaitu meningkatkan perekonomian yang berbasis kerakyatan ditunjang dengan sistem kemitraan.

"Selain penghargaan tersebut, orang nomor satu di Kabupaten Badung juga menerima berbagai penghargaan lainnya dalam dua tahun terakhir," katanya.

Dia mengatakan, penghargaan itu diterima pada tahun 2009 berupa penghargaan Bhakti Koperasi. Kemudian pada 2010, Bupati Badung menerima penghargaan di bidang koperasi serta juga meraih Satya Lencana Pembangunan di bidang Koperasi dan UMKM.

Penghargaan tersebut diperoleh Bupati Badung karena kepedulian dan perhatiannya dalam pemberdayaan untuk meningkatkan koperasi dan UMKM di wilayah kabupaten terkaya di Pulau Dewata itu.(*)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011