Semarapura (Antara Bali) - Bupati Klungkung, Bali Nyoman Suwirta mengharapkan seorang dokter untuk mampu menunjukkan idealisme yang tinggi dan sikap profesional untuk memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat.

"Sikap tersebut harus dapat dikawal dengan baik yang merupakan gabungan dari kompetensi yang dimiliki," kata Bupati Suwirta pada acara Pelantikan Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Klungkung, masa bakti 2017-2020 di ruang rapat Praja Mandala, Kantor Bupati Klungkung, Sabtu

Ia mengatakan, pendidikan karakter merupakan salah satu bagian penentu dari sikap profesionalitas tersebut.

Untuk itu, penguatan pendidikan karakter sangat penting diberikan bagi seorang dokter. Untuk itu menurut Bupati Suwirta, sebagai wadah profesi para dokter, IDI Kabupaten Klungkung diharapkan dapat mengadakan seminar tentang penguatan karakter tersebut.

Upaya tersebut untuk meningkatkan sikap profesional dan kompetensi bagi seorang dokter.

Bupati Suwirta mengingatkan, dokter dalam memberikan pelayanan juga dituntut untuk memiliki inovasi agar masyarakat yang dilayani merasa aman dan nyaman.

"Salah satunya adalah inovasi gaya bicara alam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Berikan yang terbaik tanpa menimbulkan ketersinggungan," ujar Bupati Suwirta dihadapan dokter maupun perawat yang hadir.

Ketua IDI Wilayah Bali, Kompiang Dautama mengatakan, bahwa amanah sebagai seorang dokter adalah memberi keselamatan kepada pasien.

Sebagai wadah para dokter, IDI Cabang Klungkung diharapkan untuk tidak segan memberi masukan dan bantuan kepada Pemkab. "Jangan berhenti untuk berbakti kepada organisasi maupun daerah," ujarnya.

Menurut Kompiang Dautama, memiliki profesi seorang dokter harus senantiasa berada di garda terdepan untuk menjaga empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Dimana hal ini sudah tercantum dalam sumpah dokter dan aturan etika dokter.

Panitia kegiatan tersebut Ketut Agus Biomantara melaporkan, pelantikan pengurus IDI Cabang Klungkung masa bakti 2017-2020 sesuai Surat Keputusan Pengurus Besar IDI.

Pada kesempatan tersebut juga digelar seminar ilmiah tentang deteksi dini penanggulangan dan asuhan keperawatan kanker kolorektal serta penanganan kegawatdaruratan perdarahan saluran cerna.(I020)

Pewarta: Pewarta Dewa Sentana dan Gembong Ismadi

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017