Denpasar (Antara Bali) - Siswa "Sanur Independen School" (SIS) Denpasar yang sebagian besar berkewarganegaraan asing melakukan upacara Bendera Merah Putih untuk memperingati HUT Ke-72 Proklamasi Kemerdekaan RI di lingkungan sekolah setempat, Kamis.

Saat menjadi komandan upacara, Ken Fith Ray yang berwarganegaraan Australia terlihat sigap memimpin barisan dengan suara lantang.

Demikian dengan pasukan pengibar bendera merah putih yang dibawakan oleh Mutiara dan Kennez yang sama-sama dari Australia serta Aura Moore yang berkewarganegaraan Inggris, yang terlihat cukup cekatan.

Tanpa paksaan secara serentak semua murid TK dan SD menghormati Sang Saka Merah Putih saat dikibarkan dengan diiringi lagu "Indonesia Raya".

Suasana begitu hikmat saat pembacaan Teks Proklamasi yang dibacakan oleh Alex yang juga berkewarganegaraan Australia.

"Saya sangat suka dengan Bapak Pendiri Indonesia (Soekarno-red), suatu saat saya akan menjadi beliau," kata Alex saat diwawancarai setelah pembacaan Teks Proklamasi.

Sementara itu, National Principal Cokorda Agung Anre Juniana menjelaskan, persiapan pelaksanaan upacara ini sangat sederhana, karena hanya satu kali latihan.

"Itu karena kami menerapkan dalam kurikulum pelajaran Indonesia (Indonesian Study), walaupun kurikulum kami diadopsi dari Australia," ucapnya.

Selain itu, kecintaan kepada Negara Indonesia sangat kental, karena ibunya yang berkewarganegaraan Indonesia. (*)

Video oleh Desy Dora


Pewarta: Desy Dora

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017