Denpasar (Antara Bali) - Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta meninjau proses belajar-mengajar di SMKN 4 Denpasar dan memberikan motivasi kepada warga sekolah itu untuk meningkatkan mutu pendidikan.

"Bali tak punya kekayaan alam berupa tambang sebagaimana yang dimiliki sejumlah daerah. Tetapi kita memiliki keunikan seperti budaya, keindahan alam dan sumber daya manusia potensial," kata Sudikerta di sela-sela meninjau SMKN 4 Denpasar, Kamis.

Karena itu, di depan para siswa dan guru SMKN 4 Denpasar itu, dia menekankan pentingnya upaya peningkatan mutu pendidikan guna mempersiapkan SDM Bali dalam menghadapi persaingan global.

Pemprov Bali, menurut dia, menaruh perhatian serius terhadap kemajuan dunia pendidikan yang merupakan ujung tombak dalam upaya peningkatan mutu SDM. Karena itu, dia berharap para siswa belajar dengan tekun agar ke depannya siap terjun dalam dunia persaingan.

Di sisi lain, Sudikerta juga mengingatkan agar para siswa menjaga kebersihan lingkungan sekolah sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan nyaman.

"Jangan buang sampah sembarangan. Kalau melihat ada sampah harus peka, bantu buang pada tempatnya," kata mantan Wakil Bupati Badung itu.

Sudikerta yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali Tjokorda Istri Agung Kusuma Wardhani kembali mengingatkan bahwa saat ini SMA/SMK berada di bawah kewenangan Pemerintah Provinsi Bali dan secara otomatis masuk dalam entitas pemeriksaan administrasi keuangan yang dilakukan lembaga terkait.

"Untuk itu, pengelolaan administrasi keuangan dan aset harus dilaksanakan dengan baik. Sekecil apapun aset yang ada harus tercatat," katanya.

Kesempatan bertatap muka dengan para guru dan siswa juga dimanfaatkan Sudikerta untuk menyampaikan sejumlah rencana pembangunan Bali ke depan.

Dia mengemukakan ada sejumlah program yang akan dilaksanakan untuk menyeimbangkan pembangunan Bali yaitu pembangunan bandara baru dan pengembangan potensi pariwisata di kawasan Bali utara. Selain itu, kawasan Bali timur dan barat juga akan digarap sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Sementara itu, Kepala SMKN 4 Denpasar, Made Suarta menyampaikan terima kasih atas kesediaan Wagub Bali meninjau sekolah yang berlokasi di Jalan Drupadi Denpasar tersebut.

"Dengan kehadiran Bapak Wagub, kami harapkan mampu menjadi inspirasi dan memotivasi anak didik agar belajar lebih giat lagi," ujar Suarta. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017