Semarapura (Antara Bali) - Bupati Klungkung, Bali I Nyoman Suwirta mengingatkan, pelaksanaan pembangunan menyangkut berbagai aspek kehidupan harus diimbangi dengan langkah inovasi dan kreativitas agar mampu menghadapi persaingan global yang semakin ketat.

"Untuk itu pembangunan di daerah dapat berjalan dengan baik, jika dilakukan dengan langkah inovasi, kreativitas dan entreprenuer," kata Bupati I Nyoman Suwirta dalam siaran Pers yang diterima Antara, Rabu.

Bupati I Nyoman Suwirta mengungkapkan hal itu di sela-sela menghadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) tahun 2017 dan Apkasi Otonomi Expo 2017 di Gedung Cendrawasih Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan ketiga kunci pembangunan tersebut di daerah Klungkung. Hal itu sejalan dengan amanat Presiden Joko Widodo saat membuka Rakernas Apkasi 2017 dan Apkasi Otonomi Expo 2017, bahwa Pemerintah daerah harus menyiapkan diri dalam menghadapi persaingan global.

Upaya itu dilakukan dengan berbagai inovasi, kreativitas dan entreprenuer. Salah satu inovasi yang telah dilakukan Pemkab Klungkung menyangkut program aksi "Gema Santi" atau gerakan masyarakat santun dan inovatif.

"Salah satu inovasi kami di Klungkung adalah program aksi Gema Santi," ujar Bupati Nyoman Suwirta.

Dalam menghadapi persaingan global, menurut Bupati Suwirta, Klungkung harus bisa menunjukkan keunggulan yang dimiliki. Salah satunya adalah pariwisata. Seperti konsep "city tour dan smartcity" di Klungkung daratan dan berbagai potensi lainnya yang ada di wilayah kepulauan.

"Sekarang Klungkung golnya pariwisata dengan potensi di dalamnya, namun tidak mengenyampingkan potensi unggulan yang sudah menjadi kebutuhan pokok yakni pertanian dan peternakan," ujar Bupati Nyoman Suwirta.

Ia menambahkan, perkembangan pariwisata di Klungkung kepulauan yakni Nusa Penida, Lembongan dan Ceningan juga harus dibarengi dengan pengelolaan yang baik yakni dengan mewujudkan pelabuhan segitiga emas.

Dengan konsep satu pelabuhan di setiap pulau ini akan memudahkan pengawasan yang otomatis juga akan meningkatkan pendapatan asli daerah Kabupaten Klungkung.

Presiden Joko Widodo dalam amanatnya mengajak semua kepala daerah untuk menyadari perubahan yang terjadi. Menurut Jokowi, pemerintah daerah harus menyiapkan diri menghadapi persaingan global yang berkembang sekarang ini dengan melaksanakan pembangunan dengan langkah inovasi, kreativitas dan entreprenuer.

"Tugas pemerintah daerah dalam menghadapi perkembangan global adalah menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas," ujarnya.  (WDY)

Pewarta: Pewarta: Dewa Sentana

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017