Denpasar (Antara Bali) - Kantor SAR Denpasar mengerahkan Kapal Negara Arjuna untuk mendukung kegiatan operasional tim pencari dan penyelamat itu menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2017. 

"Kami menyiagakan personel di jalur penyeberangan di Pelabuhan Padangbai di Karangasem dan di Gilimanuk, Jembarana," kata Kepala Kantor SAR Denpasar Didi Hamzar ketika memberikan pemaparan pada pembukaan siaga SAR khusus Lebaran 2017 di Denpasar, Minggu. 

Menurut Didi, selain kapal negara dengan nomor lambung 229 itu, SAR Denpasar juga menurunkan tiga unit kapal cepat atau "Rigid Inflatable Boat" (RIB) yang terdapat di setiap pelabuhan penyeberangan di Bali. 

Sedangkan dalam meningkatkan waktu tanggap apabila terjadi kecelakaan lalu lintas, pihaknya mengerahkan dua unit kendaraan truk penyelamatan yang dilengkapi berbagai peralatan di dalamnya yang dapat berpindah-pindah ke berbagai lokasi. 

Tidak hanya itu, helikopter jenis Bolco juga disiagakan untuk memantau pelabuhan penyeberangan melalui udara dan kesiapan evakuasi medis melalui udara. 

SAR Denpasar juga menyiagakan 126 personel bekerja sama dengan unsur SAR lainnya untuk penanganan korban kecelakaan baik di jalur darat, laut dan udara saat musim mudik dan balik Lebaran. 

Semua personel akan disiagakan di sejumlah titik yang memiliki tingkat kerawanan kecelakaan yang tinggi di wilayah Bali melalui koordinasi tiga Pos SAR yang berada di Karangasem, Buleleng dan Barat dan Jembarana bersama instansi terkait. 

Mengingat Bali merupakan daerah tujuan wisata yang ramai saat musim libur panjang Lebaran, SAR Denpasar juga mengerahkan personel di sejumlah tempat wisata. (*/Dwa)

Pewarta: Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : Dewa Sudiarta Wiguna


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017