Mangupura (Antara Bali) - Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta, melantik dan mengambil sumpah jabatan terhadap 74 pejabat eselon di daerah setempat di Ruang Utama Gosana, Kantor DPRD, Puspem Badung, Jumat.

"Saya mengharapkan pejabat yang baru dilantik ini mampu melaksanakan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) yang telah ditetapkan," ujar Giri Prasta.

Ia mengatakan, 74 pejabat eselon yang dilantik ini mulai tingkat Pratama, Administrator, hingga Pengawas dan Pelaksana (Eselon IIb, IIIa, IIIb, IVa, IVb, dan Eselon V). "Untuk tujuh jabatan eselon IIB, yang sebelumnya sempat kosong saat ini sudah terisi dan kami lantik," katanya.

Pebajat eselon IIB yang dilantik di antaranya, Kadis Kearsipan dan Perpustakaan yang saat ini dijabat Ni Wayan Kristiani yang sebelumnya menjabat Kabid Pemasaran Parisiwata Disparda Badung.

Kadis Perhubungan A. A. Ngurah Rai Yuda Darma yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Kesra. Kemudian, Kasatpol Pamong Praja I Gusti Agung Ketut Suryanegara yang sebelumnya menjabat Kabid Pemerintahan Desa.

Kemudian, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan I Wayan Wirya yang sebelumnya Camat Kuta Selatan. Sementara itu, Kepala Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu I Made Agus Aryawan yang sebelumnya Sekretaris Bappeda.

Selanjutnya untuk pejabat di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah I Ketut Suiasa yang sebelumnya Kabag Keuangan serta Kadis Perumahan Rakyat dan Pemukiman dipimpin A. A. Ngr. Bayu Kumara yang sebelumnya Kabag Pembangunan.

Giri Prasta mengharapkan, ke-74 pejabat yang baru dilantik dan diambil sumpah jabatannya dapat melaksanakan Program PPNSB sebagai acuan dan dasar bagi pejabat struktural untuk melaksanakan dan menyelesaikan lima skala prioritas pembangunan.

"Yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat Badung dalam PPNSB ini yang terpinting adalah menjaga ketahanan pangan, ketersediaan sandang dan papan. Kemudian, pelayanan kesehatan dan pendidikan, jaminan sosial dan tenaga kerja maupun seni, adat, agama dan budaya serta pariwisata," ujarnya.

Untuk meningkatkan etos kerja pegawai Badung, ke depannya Bupati Badung akan memberikan laptop kepada semua pegawai di seluruh SKPD yang ada di daerah itu.

"Saya minta Bappeda untuk merealisasi ini sesuai KUA-PPAS 2018, agar memasukan satu pegawai satu laptop," ujar Mantan Ketua DPRD Badung ini.

Hal ini dilakukan sebagai upaya pengawasan kepada pegawai itu sendiri. Melalui laptop ini nanti setiap pegawai membuat progres pekerjaan yang dilakukan dan akan dievaluasi setiap bulannya.

"Kami ingin meningkatkan etos kerja pegawai di Badung, sehingga mampu bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja tuntas," ujanya.

Pihaknya mengingatkan kepada pejabat di Badung untuk memegang tiga hal yang perlu dilakukan dalam melaksanakan tugas, yakni melaksanakan kebijakan politik legislasi, kebijakan politik anggaran dan kebijakan politik pengawasan.

"Dalam melaksanakan program kegiatan kepada masyarakat harus dilakukan secara bersama-sama," ujarnya.

Dalam acara pelantikan itu turut dihadiri Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Ketua dan Wakil DPRD Badung beserta anggota, Sekda Badung serta Pimpinan Perangkat Daerah di lingkungan setempat. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Made Surya


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017