Kuta (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, meminta anggota penyelamat wisata tirta (Balawista) setempat untuk meningkatkan pengamanan wisatawan yang berlibur di Pantai Kuta dan sekitarnya saat melakukan aktivitas di tengah laut.

"Kami meminta Balawista meningkatkan rasa aman kepada wisatawan, khusunya saat melakukan kegiatan di laut seperti surfing dan berenang," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, Bali, I Made Badra, di Kuta, Sabtu.

Upaya ini dilakukan, agar wisatawan yang membutuhkan pertolongan saat terjadi musibah tenggelam dapat dibantu dengan segera oleh petugas Balawista ini.

"Untuk mengoptimalkan kinerja petugas Balawista di lapangan, Pemkab Badung akan merekrut kembali 16 tenaga Balawista Tahun 2017," katanya

Ia mengatakan, penambahan petugas Balwisata ini, untuk mengisi pos-pos yang masih kekurangan, karena bentang garis pantai di Badung mencapai 82 kilometer yang harus dijaga, agar wisatawan yang melancong di Pantai Kuta dan sekitarnya merasa nyaman saat beraktivitas.

"Tentunya tidak mudah untuk merekrut tenaga Balawista ini, karena mereka harus memiliki keterampilan khusus seperti berenang dan kondisi fisik prima. Namun, kami terus memberikan pelatihan bagaimana cara mengevakuasi korban yang mengalami musibah di tengah laut," ujarnya.

Kegiatan Badung Festival Bahari yang mengangkat kegiatan lomba berenang dengan peserta anggota Balawista kali ini, juga mendemonstrasikan dan melombakan jenis-jenis penyelamatan korban di tengah laut.

Ke depannya, keahlian petugas Balawista nanti lebih ditingkatkan kembali, sehingga wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kuta dan sekitar Badung ini merasa lebih aman.

Ia mengakui, wisatawan lebih senang bermain di pantai, diantaranya seperti pelancong dari negara Australia yang lebih menggemari olahraga surfing, demikian juga dari negara Jepang.

"Petugas pengamanan pantai juga sering memberikan pelatihan singkat untuk wisatawan mancanegara yang ingin berolahraga surding ini," katanya.

Sementara itu, Ketua Koordinator Balawista Kabupaten Badung I Ketut Ipel mengharakan ke depannya ada perhatian serius dari pemerintah tiap tahunnya kepada petugas Balawista.

"Kami sangat mengapresiasi peran pemerintah yang juga mengajak anggota Balawista se-Bali untuk berpartisipasi dalam acara Badung Festival Bahari ini," ujarnya.  (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017