Mangupura (Antara Bali) - Dinas Kabudayaan (Disbud) Kabupaten Badung, Bali, melakukan sosialisasi penemuan cagar budaya di Kecamatan Abiansemal dan Petang.

"Kegiatan sosialisasi situs cagar budaya bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Badung tentang situs cagar budaya," kata Kabid Sejarah dan Cagar Budaya Disbud Badung, Ida Bagus Gede Arjana di Mangupura, Kamis.

Upaya ini sebagai langkah pengenalan fungsi, nilai filosofis dan nilai-nilai sejarah yang terkandung dalam situs tersebut agar dapat dimaknai secara umum oleh masyarakat.

Pihaknya mengharapkan, masyarakat mengetahui bahwa situs cagar budaya merupakan warisan luhur budaya bangsa Indonesia.

"Kami memohon dukungan masyarakat agar situs budaya di Kabupaten Badung ini keberadaannya tetap terjaga dan lestari dalam menunjukkan kebudayaan nasional untuk kemakmuran rakyatnya," kata Arjana.

Dalam sosialisasi tersebut, Disbud Badung menghadirkan sejumlah narasumber yakni, Balai Arkeologi Denpasar, Balai Pelestarian Cagar Budaya Bali-Nusra dan Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali-Nusra.

Sebelum dimulainya sosialisasi ini, kegiatan tersebut dibuka Kepala Disbud Badung Ida Bagus Anom Bhasma pada Rabu (3/5) lalu di Kantor Camat Abiansemal.

Dalam acara itu, dihadir Camat Abiasemal, Putu Ngurah Thomas Yuniartha, Camat Petang Ida Bagus Natha Manuaba dengan jumlah peserta sebanyak 120 orang yang terdiri dari utusan kecamatan di daerah itu. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017