Denpasar (Antara Bali) - Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat Mayjen (Purn) Wisnu Bawa Tenaya mengingatkan kembali nilai filosofi "Tri Hita Karana" dan mampu mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Hal itu dapat dipahami dengan baik setiap individu masing-masing sehingga mampu ditularkan kepada yang lainnya sebagai harapan besar yang memberikan dampak yang positif untuk kemajuan umat," kata Wisnu Bawa Tenaya ketika memberikan pembekalan mengenai agama Hindu dan budaya Bali kepada para karyawan dan berbagai pihak di Kuta, Badung, Senin.

Ia mengatakan, "Tri Hita Karana" hubungan yang harmonis dan serasi sesama manusia, manusia dengan lingkungan dan manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa diharapkan dapat diterapkan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh sebab itu ia mengajak umat Hindu agar mulai menumbuhkan minat baca terkait pengetahuan bidang pengatahuan agama untuk meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa (Ida Sang Hyang Widhi Wasa).

"Upaya itu juga mampu membuka cakrawala dan meningkatkan kedewasaan seseorang," ujarnya.

Selain itu, kegiatan tersebut mampu meningkatkan toleransi kepada umat lain dan saling peduli antarsesama.

Ia menambahkan, umat Hindu juga mampu menggunakan teknologi dengan tepat guna sehingga bermanfaat dengan baik bagi semua pihak.

Sepatutnya komunikasi akan semakin mudah dan penyebaran sumber-sumber pengetahuan akan semakin cepat dengan adanya perkembangan digital yang semakin canggih.

Sementara itu, pihaknya juga telah mengembangkan situs yang memuat terkait kegiatan dan tentang umat yang telah siap diakses.

Bahkan akan menyebarkan ke media sosial, sehingga mudah diakses oleh generasi muda sebagai kader pemimpin masa depan umat, baik yang di Bali, Indonesia maupun secara internasional. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Wayan Artaya

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017