Denpasar (Antara Bali) - Seorang editor Majalah "Money and I Magazine" Arif Rahman meluncurkan buku berjudul "Creator Inc" yang diterbitkan oleh PT Bentang Pusaka.

Peluncuran buku tersebut dihadiri sejumlah kalangan akademisi, civitas kampus dan undangan lainnya di Kampus Akubank Businnes School Denpasar, Minggu malam.

Buku "Creator Inc" setebal 300 halaman tersebut adalah hasil liputan serta riset mendalam mengenai dunia bisnis dan kewirausahaan yang dilakukan tim redaksi "Money and I Magazine " selama lima tahun terakhir.

Dalam buku itu, ada profil dan perjalanan karier 22 kreator ternama Indonesia, di antaranya Merry Riana (motivator), Bong Chandra (pebisnis properti), Dewandra Djelantik (fotografer), Acmad Zaky (CEO Buka Lapak), William Tanuwijaya (Tokopedia), Pandji Pragiwaksono (Komika) dan Bobby Cool (musisi Superman is Dead).

"Mereka adalah anak-anak muda yang merintis karier dari nol hingga mencapai keberhasilannya saat ini," kata Arif Rahman.

Ia mengatakan sejumlah tip wirausaha dipaparkan dalam buku tersebut, di antaranya merencanakan perjalanan karier, menyeimbangkan keterampilan teknis dan bisnis, menentukan model bisnis dan harga jasa yang tepat.

Selanjutnya, memahami demografi dan peluang baru, memaksimalkan cara promosi via media sosial dan "crowdsourcing", menemukan mitra usaha yang kompeten, serta mentransformasikan bisnis.

Dengan demikian, kata Arif Rahman, buku "Creator Inc" diharapkan dapat menjadi referensi bagi para kreator, yaitu mereka yang berprofesi sebagai animator, penulis desainer, fotografer, musisi, programmer, pengembangan aplikasi, perencanaan, konsultan, dan pemasar atau profesi pekerja independen.

"Karya buku ini merupakan inspirasi saya untuk dapat memberi semangat bagi kalangan generasi muda atau startup. Karena itu saya juga mengambil pendapat dari orang-orang yang sukses di Indonesia. Tujuannya untuk memberi pengalaman wawasan, sehingga tidak takut untuk menjadi wirausaha," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017