Mangupura (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Badung siap membantu kebutuhan fasilitas dan operasional Kepolisian Daerah (Polda) Bali untuk lebih optimal dalam memperkuat keamanan wilayah Pulau Dewata.

Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta di Mangupura, Minggu, mengatakan hal ini sudah menjadi komitmen Pemkab Badung agar masyarakat dan wisatawan yang datang ke Bali merasa aman dan nyaman.

"Karena itu kami mendukung langkah-langkah yang diambil Polda Bali dalam menjaga keamanan pulau Dewata," kata pria asal Desa Plaga itu.

Menurut dia, upaya menjaga kondusifitas wilayah bukan hanya berada pada pundak aparat keamanan, namun menjadi tanggung jawab seluruh komponen dan lapisan masyarakat.

Selain membantu segala kebutuhan polisi, pihaknya juga telah melakukan pemasangan 115 kamera CCTV di wilayah Kuta, Legian, dan Seminyak, yang terhubung dengan pihak kepolisian.

"Hal ini menjadi salah satu kebijakan Pemkab Badung dalam upaya menjaga keamanan wilayah," kata mantan Ketua DPRD Badung itu.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Badung telah membentuk satgas gabungan yang beranggotakan kepolisian, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang rutin melakukan patroli, khususnya Badung Selatan.

"Kami juga melibatkan pecalang atau petugas keamanan adat yang dilibatkan dalam upaya menjaga wilayah Desa Adat-nya masing-masing," katanya.

Untuk mendukung peran pecalang ini, Pemerintah Kabupaten Badung juga telah memberikan bantuan mobil operasional untuk melakukaan upaya tersebut.

Sebelumnya (11/2), Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Bali Irjen Pol. Petrus Golose melakukan pemantauan fasilitas Lapangan Tembak di Desa Sembung, Mengwi, Badung.

Dalam pemantauan itu, Giri Prasta melihat fasilitas lapangan tempak di daerah tersebut perlu dilakukan perbaikan, agar dapat digunakan secara optimal oleh para atlet-atlet menembak di daerah itu dan untuk tempat latihan aparat kepolisian maupun TNI. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017