Denpasar (Antara Bali) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika meminta semua komponen masyarakat Buleleng menjaga kondusivitas daerah setempat menjelang pelaksanaan pilkada 15 Februari 2017.

"Perbedaan pendapat ataupun pilihan itu pasti ada, saya harapkan semua berjalan sesuai dengan koridor dan aturan yang ada. Semua pihak turut menjaga kondusivitas sehingga pilkada akan berjalan dengan baik dan lancar," kata Pastika saat menerima laporan Nota Singkat Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Buleleng I Made Gunaja, di Denpasar, Jumat.

Menurut dia, dengan Pilkada Buleleng diikuti oleh dua pasangan calon dapat berlangsung dengan aman dan lancar sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku, nantinya diharapkan menghasilkan pemimpin pilihan masyarakat yang akan memimpin Buleleng lima tahun kedepan.

Pastika juga menyampaikan apresiasinya atas kinerja yang telah dilaksanakan oleh Plt Bupati Buleleng sehingga kondusivitas Buleleng tetap terkendali dan tugas-tugas pemerintahan berjalan lancar.

Sementara itu, Plt Bupati Buleleng I Made Gunaja dalam laporannya menyampaikan bahwa secara umum kondisi keamanan dan ketertiban di Kabupaten Buleleng dalam tahapan pelaksanaan kampanye Pilkada Tahun 2017 yang dimulai dari 4 November 2016 hingga saat ini tetap kondusif. Seluruh komponen dan penyelenggara pemerintah daerah berhasil mengantisipasi secara dini setiap kemungkinan terjadinya konflik.

"Sejauh ini belum ditemukan adanya indikasi dari pihak LSM, mahasiswa dan ormas yang akan melakukan aksi gangguan serta ancaman untuk menggagalkan pilkada," ujarnya.

Gunaja menambahkan, serangkaian kegiatan pilkada telah dilaksanakan Deklarasi Kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, sosialisasi pasangan calon, debat kandidat pasangan calon Pilkada Buleleng melalui radio dan televisi serta sosilaisasi tentang netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pelaksanaan Pilkada.

Tidak hanya terkait persiapan pilkada, dalam laporan pelaksanaan tugasnya, Plt Bupati Buleleng juga menyampaikan telah dilakukan pengukuhan/pelantikan pejabat daerah Kabupaten Buleleng sesuai dengan organisasi perangkat daerah yang baru.

Di samping itu, Gunaja mengemukakan capaian kinerja Kabupaten Buleleng pada 2016 untuk realisasi pendapatan mencapai 88,59 persen, realisasi belanja daerah mencapa 87,96 persen dan realisasi fisik mencapai 99,08 persen.

Sementara itu, Sekeretaris Daerah Provinsi Bali Cokorda Ngurah Pemayun menyampaikan bahwa pelaksanaan serah terima Laporan Nota Singkat Pelaksanaan Tugas Plt Bupati Buleleng diselenggarakan sesuai dengan Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 130/707/51 tanggal 1 Februari 2017.

Sesuai dengan surat Mendagri tersebut, dinyatakan bahwa pelaksana tugas bupati menyerahkan nota singkat pelaksanaan tugas kepada Gubernur paling lambat seminggu sebelum berakhirnya masa tugas (11 Februari 2017) dan hubernur akan meneruskannya kepada bupati petahana.

Dalam acara yang juga dihadiri Kepala OPD terkait di lingkungan Pemprov Bali serta jajaran Kabupaten Buleleng, dilakukan serah terima laporan dari Plt Bupati Buleleng kepada Gubernur Bali yang kemudian oleh Gubernur diserahkan langsung kepada Calon Bupati Buleleng Petahana Putu Agus Suradnyana. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017