Pemkab Badung hibahkan Rp166 miliar ke Kabupaten Bangli

Pewarta : Naufal Fikri Yusuf/Rolandus Nampu

Pemkab Badung hibahkan Rp166 miliar ke Kabupaten Bangli

Bupati Giri Prasta (tengah) saat menyerahkan secara simbolis Hibah dan BKK sebesar Hibah Rp160 Miliar lebih bertempat di Alun-alun Kota Bangli, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Selasa (23/4/2024). ANTARA/HO-Humas Pemkab Badung

Pemerintah Kabupaten Badung, Bali melalui programnya yaitu “Badung Angelus Buana” atau Badung Berbagi dari Badung untuk Bali, memberikan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dan hibah sebesar Rp166 miliar lebih untuk Kabupaten Bangli.
 
“Program ini adalah wujud konkret strategi kolaborasi Pemkab Badung dengan pemerintah lainnya, dengan tujuan mendorong pembangunan di wilayah Provinsi Bali,” ujar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di Bangli, Selasa.
 
Program Badung Angelus Buana di Kabupaten Bangli diberikan dengan menyalurkan BKK kepada 373 penerima senilai total sebesar Rp70.175.000.000. Program itu juga memberikan bantuan hibah kepada 175 penerima, dengan total jumlah bantuan sebesar Rp96.420.197.500.
 
Selain menyerahkan Hibah dan BKK, Pemkab Badung pada kesempatan itu juga membantu pembangunan Sports Center di Kabupaten Bangli.
 
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menjelaskan program Badung Angelus Buana itu dilakukan sebagai upaya untuk membangun Bali dari pinggiran dengan mendukung pembangunan berbagai bidang di kabupaten/kota lain di Bali yang disesuaikan dengan karakteristik wilayah untuk meringankan beban masyarakat.
 
Untuk itu, pihaknya akan terus mendorong pendapatan pajak hotel dan restoran agar program tersebut akan dapat berkelanjutan agar dapat membantu masyarakat sepenuhnya seperti masyarakat di wilayah Bangli.
 
“Banyak sekali juga masyarakat Bangli yang bekerja di Kabupaten Badung, sehingga ini adalah wujud bhakti kami sesuai dengan regulasi untuk memberikan bantuan kepada masyarakat. Kami di Badung 70 persen air itu dari Kabupaten Bangli, jadi inilah salah satu bentuk wujud yang kita berikan kepada masyarakat Bangli,” kata dia.
 
Ia menambahkan pihaknya meminta seluruh masyarakat juga terus saling bahu membahu menjaga kekompakan dan kebersamaan dan dapat menggunakan bantuan itu sebaik-baiknya.
 
“Jangan sampai ada bantuan kita ribut dengan saudara dan ada bantuan kita malah terkena masalah hukum. Itu yang kami tidak inginkan terjadi, untuk itu kami minta bantuan ini agar digunakan dengan baik,” tambah Bupati Giri Prasta.
 
Sementara itu, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengungkapkan pihaknya beserta seluruh masyarakat Bangli berterima kasih kepada Bupati Giri Prasta dan Pemerintah Kabupaten Badung atas penyaluran bantuan tersebut.
 
Menurutnya, dengan adanya bantuan BKK dari Kabupaten Badung itu hampir seluruh pembangunan yang ada di Bangli telah terbantu seperti Sports Center, Bale Kambang berkelanjutan, pembangunan Sesana Budaya dan Simpang Tiga Catur.
 
“Tentunya kami juga akan terus mendukung upaya-upaya pemerataan pembangunan masyarakat ini supaya Pulau Bali ini lebih cepat sejahtera bersama-sama, bisa bahagia selamanya,” pungkasnya.

 
 
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA News Bali