Pangdam Udayana Buka Pameran Foto ANTARA

Pewarta :

Pangdam Udayana Buka Pameran Foto ANTARA

Mayjen Hotmangaradja Pandjaitan, memperhatikan salah satu foto pada pameran bertajuk "Vox Populi Vox Dei" bidikan para fotografer berita Kantor Berita ANTARA se-Indonesia. Foto ANTARA/AP Marboen

Denpasar (Antara Bali) - Panglima Komando Daerah Militer IX/Udayana Mayjen TNI Hotmangaradja Pandjaitan membuka pameran foto dan buku produk Perum LKBN ANTARA di Sector Bar, Sanur, Kota Denpasar, Bali, Rabu.

Pada pembukaan yang dihadiri Direktur SDM dan Umum Perum LKBN ANTARA Dr Rajab Ritonga, MSi itu sekaligus juga diisi dengan peluncuran web http://bali.antaranews.com dan www.antarafoto.com.

Pangdam dalam sambutannya berharap, perkembangan pers yang diikuti oleh perkembangan teknologi mampu menjadi jembatan informasi yang akurat bagi masyarakat.

"Sebagai media informasi, ANTARA diharapkan mampu berperan aktif dalam upaya membangun media yang bersifat objektif," kata jenderal berbintang dua yang juga mantan Kepala Dinas Penerangan TNI AD itu.

Sementara Direktur SDM dan Umum Perum LKBN ANTARA lebih banyak mengulas peran ANTARA sejak awal berdiri, termasuk saat menjadi saluran kaum pergerakan dalam upaya ikut merebut kemerdekaan Indonesia.

"ANTARA telah berperan dalam sejarah Indonesia, yakni menyiarkan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia tahun 1945 ke luar negeri," katanya.

Pembukaan pameran itu berlangsung semarak dihadiri para pimpinan media masa cetak dan elektronik di Bali, organisasi kewartawanan serta pimpinan lembaga pemerintah dan BUMN serta kalangan industri pariwisata Bali.

Para undangan usai menyaksikan peluncuran portal berita ANTARA langsung meninjau lokasi pameran foto yang terletak disisi barat. Baik kalangan wartawan maupun wartawan foto terlihat antusias menyaksikan foto-foto jurnalistik karya wartawan ANTARA.

Beberapa undangan tampak kagum dengan jepretan wartawan ANTARA yang banyak mengambil momen-momen penting seperti pilkada, pilpres dan peristiwa bernilai human kemanusiaan.

Foto-foto hasil jepretan wartawan ANTARA Biro Bali, Nyoman Budiana misalnya cukup menyita perhatian pengunjung yang mengambil latar belakang peristiwa pemilu legislatif.

Di antara pejabat yang tertarik mengamati karya foto seperti Pangdam dan Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Gede Sugianyar. Dengan serius Pangdam menyimak ulasan foto-foto tersebut yang disampaikan fotografer senior ANTARA Oscar Motulloh.

Demikian pula Kombes POl. Sugianyar yang memang hobi fotografi juga tertarik melihat satu persatu foto yang dipajang di lokasi pameran.

Sebelum meninggalkan lokasi, Pangdam sempat melontarkan gagasan agar kelak dapat dilakukan kerjasama dengan LKBN ANTARA khususnya terkait foto-foto dokumentasi institusi militer.

"Kami di Kodam punya foto-foto dokumentasi bagus, mungkin ke depan bisa dilakukan kerjasama dengan ANTARA untuk pendokumentasiannya," kata Hotmangaradja.(*)
Editor: Nyoman Budhiana
COPYRIGHT © ANTARA News Bali