Bandarlampung (Antara Bali) - Gubernur Lampung M Ridho Ficardo berharap umat Hindu di daerah ini untuk terus berperan dalam mendukung program pembangunan yang dicanangkan pemerintah daerah setempat.

"Lampung adalah yang terbesar di luar Provinsi Bali, jadi saya mengharapkan pula dukungan peran serta dalam pembangunan di Provinsi Lampung dari umat Hindu," kata Ridho, di Bandarlampung, Jumat.

Ia menyebutkan, Pemprov Lampung telah mencanangkan tiga program besar terkait perekonomian Lampung yakni menetapkan Lampung sebagai daerah ketahanan pangan, menetapkan kawasan industri dan mengembangkan sektor jasa dan pariwisata sebagai salah satu daya ungkit perekonomian Lampung.

Karena itu, lanjutnya, sangat dibutuhkan peran serta semua pihak untuk mendukung program pembangunan di Provinsi Lampung.

Di sisi lain, menurutnya, Provinsi Lampung sebagai daerah yang memiliki kultur berbeda-beda bisa menjadi Bhineka Tunggal Ika seutuhnya dengan saling hormat-menghormati antar umat beragama dan suku sehingga bisa menjaga keamanan dan kedamaian antar sesama.

Ia menjelaskan dengan besarnya jumlah umat Hindu di Provinsi Lampung, Pemprov Lampung telah memasukan masterplan pembangunan pusat peribadatan umat Hindu sekitar 3 hektare.

"Ini merupakan bentuk perhatian pemerintah Provinsi Lampung yang berkomitmen merangkul dan mengayomi semua masyarakat beragama," ujarnya lagi.

Sebelumnya, Gubernur Lampung M Ridho Fiacrdo membuka Utsawa Dharma Gita Umat Hindu di Bandarlampung, pada Kamis (15/12) malam.

Utsawa Dharma Gita adalah perlombaan seni membaca kitab suci umat Hindu, yang memperlombakan beberapa cabang diikuti oleh kontingen masing-masing kabupaten/kota se-Lampung.

Gubernur juga mengaku sangat mendukung kegiatan keagamaan semacam ini, karena akan semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa.

Khususnya tantangan zaman yang dialami generasi muda saat ini sangatlah kompleks, mulai dari seks bebas, narkoba, dan pergaulan negatif lainnya yang dapat mengancam masa depan generasi bangsa. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Agus Wira Sukarta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016