Singaraja (Antara Bali) - Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Buleleng, Bali, terus menggencarkan program pembinaan generasi muda di wilayah itu sebagai upaya mewujudkan generasi berkarakter dan berdaya saing.

"Meskipun PHDI minim dana dan anggaran dari pemerintah tetapi kami terus berupaya turun ke desa memberikan pemahaman kepada umat tentang nilai dan ajaran agama Hindu," kata Ketua PHDI Buleleng, Dewa Nyoman Suardana di Singaraja, Bali, Minggu.

Ia mengatakan, PHDI sebagai majelis tertinggi agama di daerah sudah semestinya berperan dalam pembinaan keumatan terlebih lagi di tengah permasalahan bangsa yang semakin banyak dan kompleks.

Kelompok pemuda di desa seprti karang taruna dan sekaa teruna teruni disasar karena merupakan organisasi paling bawah dan bersentukan langsung dengan masyarakat luas.

Beberapa program yang sudah dilaksanakan seperti bersama-sama Majenis Madya Desa Pakraman berkolaborasi melaksanakan program pasraman selain juga beberapa penyuluhan agama Hindu bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buleleng.

Bukan hanya itu saja, PHDI kata dia, terus berupaya menjalin sinergitas dengan beberapa organisasi kepemudaan di kabupaten ujung Utara Pulau Dewata tersebut seperti dengan Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia Buleleng (Peradah), KMHDI, KMHDI Undiksha dan juga organisasi kepemudaan lainnya.

"Kami sebelumnya juga telah membentuk forum komunikasi bersama dengan beberapa organisasi keagamaan di Buleleng dan harapan besar kami semuanya dapat bekerja sama dalam membina umat, " kata Suardana. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016