Singaraja (Antara Bali) - PT Pelindo III Cabang Celukan Bawang, Kabupaten Buleleng, Bali, menggencarkan gerakan mengajar ke beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) di daerah itu guna memberikan pemahaman tentang kemaritiman.

"Kami juga memberikan pemahaman tentang pelabuhan serta Peran Pelindo III sebagai perusahaan milik negara bergerak di bidang jasa layanan kepelabuhan," kata General Manager PT. Pelindo Cabang Celukan Bawang, Dewa Gede Adi Kumarajaya di Celukan Bawang, Selasa.

Ia mengatakan, keberadaan pelabuhan merupakan sektor utama dalam pergerakan ekonomi selain sebagai salah satu penunjang pendapatan pemerintah di bidang kelautan.

Dikatakan pula, program tersebut juga bagian dari sosialisasi BUMN dengan tujuan mendekatkan BUMN kepada masyarakat dan sekolah yang berada di sekitar pelabuhan.

Ia menambahkan, kegiatan akan serentak dilakukan di 17 SMA/SMK yang menjadi wilayah kerja Pelindo III. Menurutnya, kegiatan ini menyasar generasi muda sebagai penerus bangsa, untuk lebih memahami tentang kemaritiman dan peran Pelindo III, untuk mencapai tujuan positif.

"Kami harapkan dengan ini, nantinya generasi muda bisa bersemangat untuk meraih cita-cita kedepannya, dengan bekerja sungguh-sungguh. Kami juga sampaikan tentang peran kepelabuhan, yang nantinya jadi bekal pengetahuan mereka, untuk memahami," kata Dewa Adi Kumarjaya.

Sementara Kepala SMAN 1 Gerokgak, Ketut Wijana menambahkan, pihaknya sangat menyambut baik kegiatan tersebut. Sebab menurutnya, dengan pemberian informasi ini, nantinya mampu, menambah wawasan bagi siswanya, untuk lebih memahami secara dalam tentang kemaritiman dan Kepelabuhan.

"Selama ini siswa masih awam, mengenai apa itu kemaritiman termasuk kepelabuhan, apa perannya fungsinya apa, itu jujur saja belum sepenuhnya diketahui. Lewat ini jadi mereka bisa mengetahui lebih dalam. Mudah-mudahan ini bermanfaat bagi siswa kami," pungkas Wijana. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016