Singaraja (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali, menyalurkan bonus uang pembinaan kepada para atlet yang berprestasi baik dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) maupun ajang lainnya di tanah air.

"Bonus juga diberikan kepada para atlet dan siswa berprestasi yang berlaga dalam berbagai ajang tingkat nasional bahkan dunia," kata Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana di Kota Singaraja, Bali, Sabtu.

Ia mengatakan, sebelumnya juga telah digelar ramah tamah dan juga pemberian bonus secara umum merupakan suatu bentuk apresiasi kepada atlet dan pelajar Buleleng yang berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Hal ini akan menjadi model kedepan bahwa Pemkab Buleleng menghargai orang-orang yang memberikan prestasi kepada Buleleng.

"Mudah-mudahan dengan penghargaan ini, anak-anak Buleleng yang lain juga termotivasi untuk memberikan prestasi kepada Buleleng karena bagaimanapun juga prestasi akademik maupun non akademik terutama bidang olahraga akan memberikan vibrasi untuk kemajuan daerah di segala bidang," ungkapnya.

Bupati yang akrab disapa PAS ini juga menginstruksikan kepada KONI Kabupaten Buleleng untuk melakukan pemetaan potensi di dua bidang. Bidang pertama, bagaimana mengolahragakan masyarakat dan pemetaan di bidang prestasi.

"Pemetaan ini perlu untuk menentukan skala prioritas untuk dikembangkan sehingga menghasilkan prestasi. Yang paling anti kita lakukan adalah jual beli atlet. Biar kita dapat medali sedikit, yang penting hasil pembinaan sendiri bukan hasil jual beli," tegasnya.

Ketua KONI Kabupaten Buleleng, Nyoman Artha Widnyana menjelaskan KONI Buleleng harus bisa menjabarkan lebih detail apa yang sudah diinstruksikan oleh Bupati Buleleng. penjabaran juga lebih konkret dalam pengembangan prestasi.

Pihaknya juga mengakui selalu melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Pengkab-Pengkab yang ada. Hal ini dikarenakan ujung tombak pembinaan ada di pengkab. KONI hanya memfasilitasi.

"Tentu kita harapkan bagaimana pengkab nantinya proaktif untuk melakukan pola pembinaan yang sesuai dengan sistem pembinaan yang mengacu pada sistem sport science," ucap Artha Widnyana. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016