Denpasar (Antara Bali) - Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia akan mengangkat serta mempublikasikan berbagai inovasi di sektor pelayanan publik dan pariwisata Kota Denpasar ke tingkat nasional.

Kepala Pusat Inovasi Pelayanan Publik LAN Republik Indonesia Erfi Muthmainah saat bertemu dengan Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra di Gedung Graha Sewaka Dharma Lumintang Denpaasar, Kamis.

Erfi Mutmainah mengatakan pihaknya mengetahui inovasi pelayanan publik Kota Denpasar dari berbagai media. Pelayanan yang diberikan kepada masyarakat secara maksimal.

"Kami mengetahui berbagai inovasi pelayanan publik Kota Denpasar dari media, oleh karena itu kami sengaja datang ke Denpasar untuk melihat dari dekat inovasi tersebut untuk selanjutnya kami akan publikasi dan dapat dijadikan contoh bagi daerah lain di Indonesia," ujarnya.

Erfi lebih lanjut mengatakan selain dijadikan percontohan sebagai kota inovasi di bidang pelayanan publik, Pusat Inovasi Pelayanan Publik LAN RI tahun 2016 ini juga sedang melakukan kegiatan penyusunan majalah 'Inagara Magazine'.

Majalah ini mengupas berbagai inovasi di bidang administrasi negara dan tahun 2016 adalah terbitan kedua, yang mana liputan utama difokuskan pada inovasi pelayanan publik Kota Denpasar dengan tokoh Wali Kota IB Rai Dharmawijaya Mantra. Dimana pada edisi pertama Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang menjadi tokoh dalam pembahasan majalah tersebut.

Kota Denpasar dijadikan bahan dalam terbitan edisi kedua ini dikarenakan Denpasar merupakan salah satu kota yang memiliki inovasi pelayanan publik yang terbaik. Terlihat dengan semboyan pelayanan publik yang di usung yakni "Sewaka Dharma" yakni melayani adalah kewajiban, yang mana inovasi pelayanan publik dilanjutkan dengan program "one agency, one innovation".

Selain itu, kata dia, pelayanan publik Kota Denpasar merupakan suatu terobosan jenis pelayanan terbaik dengan gagasan atau ide kreatif dengan sebuah adopsi modifikasi dengan pelayanan "Pro Denpasar", yang memberikan begitu banyak manfaat bagi masyarakat secara langsung, apa lagi dengan adanya "quiks respon", itu pastinya sangat cepat menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh masyarakat.

"Beranjak dari sanalah Kota Denpasar dijadikan percontohan Kota Inovasi Pelayanan Publik terbaik," ucap Erfi Muthmainah.

Sementara Wali Kota Rai Mantra menyambut baik kedatangan tim dari Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia dan mengucapkan terimakasih karena Kota Denpasar dijadikan percontohan di dalam salah Inovasi pelayanan Publik terbaik serta dijadikan topik utama di dalam majalah mengenai berbagai inovasi di bidang administrasi negara di Indonesia.

"Pelayanan publik di Kota Denpasar belumlah seberapa dibandikan kota-kota maupun negara-negara lain, kami akan terus berbenah sehingga ke depan pelayanan publik di Kota Denpasar semakin baik," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016