Dalam tulisan sebelumnya, dijelaskan bahwa ABPI didirikan dengan semangat Berbagi dalam Kebersamaan. Semangat berbagi ini tidak hanya ada dalam bisnis property, tetap dalam berbagi segi seperti edukasi bisnis property untuk generasi muda, pemberdayaan masyarakat pedesaan, gerakan social, pemberdayaan agent dan berbagi dalam komunitas ABPI.

Afiliasi ABPI Berbagi

Semangat berbagi dalam ABPI tidak hanya berhenti pada berbagi ilmu pengetahuan bisnis property dalam seminar dan workshop.Semua apa yang dilakukan oleh ABPI selalu tidak lepas dari apa yang disebut berbagi, baik berbagi untuk masyarakat maupun di dalam komunitas itu sendiri. Berikut merupakan aflliasi berbagi dari ABPI untuk masyarakat

Yayasan Anak Bangsa Pemberi Inspirasi

Yayasan Anak Bangsa Pemberi Inspirasi atau YABPI didirikan oleh MAN BALIAN.Tujuan dari didirikan yayasan ini adalah memberikan pelayanan edukasi bisnis property yang lebih lengkap pada generasi muda dalam bentuk diploma satu. Dengan yayasan ini, ABPI hendak mendirikan PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BISNIS PROPERTY INDONESIA (P3BPI) yang bergerak di bidang pendidikan bisnis property secara formal.

Pada tanggal 7 Desember 2015, semua anggota ABPI management termasuk pendiri, menandatangani permohonan Badan Hukum Yayasan kepada Kementerian Hukum dan HAM RI.Saat ini, ABPI menunggu penerbitan surat izin tersebut seraya mempersiapkan diri untuk mendirikan lembaga formal bisnis property, baik secara administratif maupun secara fisik. Lembaga pendidikan formal ini akan memberikan pembelajaran bisnis property kepada generasi muda dari awal sampai akhir, dari teori sampai praktek. Dengan adanya sekolah bisnis property ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat untuk memberikan pembelajaran tentang bisnis kepada generasi muda.

Gersapit, Gerakan Sandal Jepit

Gerakan sandal jepit yang dilaunching pada 10 Maret 2015 dalam kunjungan sosial di Karangasem, merupakan gerakan sosial komunitas ABPI yang lagi lagi perduli dan mau berbagi dengan sesama. Dalam perjalannya, Gersapit tidak hanya sekedar memberikan bantuan dukungan, doadan material, Gersapit dari ABPI juga melakukan bedah rumah setiap 3 bulan sekali. Saat ini sudah terdapat 3 rumah yang dibedah dalam Gerakan Sandal Jepit. Gerakan Sandal Jepit merupakan simbol dan aksi bahwa hasil dari bisnis property harus bisa dinikmati oleh lebih banyak orang.

Seripuma, Seribu Rupiah Punya Makna

Seripuma digagas oleh bapak Man Balian sebagai rasa syukur kepada alam yang sudah memberikan kelancaran rejeki untuk Komuntias ABPI. Tujuan utama didirikannya Seripuma yang pertama kali dilaunching pada 20 Maret 2016, adalah untuk mengajak komunitas ABPI menghargai uang kecil dengan cara mengumpulkan uang kecil setiap hari selama 1 bulan. Uang yang terkumpul sejumlah 30 ribu rupiah ini dikumpulkan dan diundi secara bersama-sama.

Jika 100 orang yang mengumpulkan seripuma, maka sudah jelas orang yang mendapatkan undian akan membawa pulang uang receh sebesar 3 juta rupiah. Seripuma tidak hanya mengajak Komunitas ABPI untuk menghargai uang kecil agar yang tersisa berserak adalah uang-uang besar, Seripuma juga merupakan salah satu contoh dari semangat ekonomi gotong-royong yang sebenarnya bisa dilaksanakan oleh siapapun juga di Indonesia.

ABPI Down to Earth

Program ABPI Down to Earth dilaunchnig pada 4 Juli 2015 dalam acara perkemahan keluarga Komuntas ABPI di danah Buyan. Program ini merupakan program berbagi yang member kesempatan kepada warga pedasaan untuk dapat mengikuti edukasi bisnis property secara gratis. Dalam setiap bulannya ABPI memberikan seminar gratis untuk 100 warga di 10 desa dan workshop gratis untuk 20 warga di 10 desa. Meski dalam perjalanan waktu program ini mengalami perubahan-perubahan, semangat berbagi tidak pernah berubah dari program ABPI Down to Earth

A5, ArisanAnak-anakAlam ABPI

A5 atau ArisanAnak-anak Alam ABPI dilaunching pada 5 Maret 2016.Arisan ini mempunyai jargon "arisan 20 juta tanpa mengeluarkan uang." Benar saja, syarat yang ikut dalam arisan ini adalah Komunitas Owners Projects.Setiap orang mempunyai potensi uang sebesar 20 juta rupiah.Pemenang arisan ini adalah Komunitas yang terbanyak menyumbangkan uangnya dalam Gerakan Sandal Jepit. A5 tidak hanya membantu Komunitas ABPI yang memerlukan uang cash, A5 juga menjadi sumber dana Gerakan Sandal Jepit. Sejak A5, Gersapit tidak ragu untuk membedah rumah masyarakat yang dianggap kurang beruntung, Tetap semangat, tetap berbagi, tetap tersenyum.

G'ABPI, Generasi ABPI

Generasi ABPI dilaunching dalam seminar pada 23 Maret 2015. Generasi ABPI merupakan wadah bagi broker atau agent yang memasarkan produk ABPI. Tentu terdapat perbedaan dengan broker broker yang lain diantaranya fasilitas diskon dan kesempatan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan ABPI. Sampai saat ini G'ABPI tetap eksis memberikan kegunaan bagi banyak orang yang tentunya berkeinginan untuk menjadi marketing dalam bisnis property.

Untuk edisi terakhir, kami akan memaparkan semangat berbagi ABPI melalui Man Balian Quote yang selalu memberikan inspirasi bagi generasi pebisnis property. (*)

Penulis: Raden Heru Syukur

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016