Denpasar (Antara Bali) - Duta Endek Kota Denpasar 2016 menetapkan I Gede Yoga Mahardiana dan I Gusti Ayu Trisna Yunita Agung, setelah bersaing dengan 24 peserta dalam puncak finalis Duta Endek Kota Denpasar.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Denpasar Nyonya Ida Ayu Selly D. Mantra, Selasa mengatakan kegiatan pemilihan duta kain endek tersebut telah diselenggarakan di Hotel Aston Denpasar pada Senin malam (10/10).

Ia mengatakan melalui pemilihan duta endek, Kota Denpasar ingin mengenalkan pada semua generasi muda tentang endek yang merupakan warisan budaya yang patut dilestarikan dan dikembangkan.

Ke depan, kata Selly Mantra, pihaknya akan terus membina pengrajin kain tenun endek makin lama makin berkurang.

"Saya harap generasi muda ini semakin berperan dalam melestarikan endek ke depan, dengan memadukan teknologi," ujarnya.

Ia mengatakan duta endek tersebut diharapkan menjadi wirausaha dan mendidik para pengrajin endek Kota Denpasar. Disamping itu bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar telah memberikan pelatihan menenun pada generasi muda termasuk juga ibu-ibu rumah tangga.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar Wayan Gatra menambahkan pemilihan duta endek ini untuk terus menggemakan keberadaan endek mulai anak-anak sampai dewasa.

Dengan dilaksanakan pemilihan duta endek diharapkan anak-anak muda lebih berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan keberadaan endek. Sehingga endek itu terus berkembang mulai dari desain dan pola, sehingga bisa tampil trendi dengan berbagai jenis pakaian.

Dari duta endek yang telah dilaksanakan sebelumnya telah menghasilkan pengusaha-pengusaha muda di bidang endek. Bahkan mereka telah sering mengikuti berbagai pameran, baik secara individu maupun dengan Pemerintah Kota Denpasar.

Disamping itu ke depannya untuk mendorong generasi muda untuk menjadi seorang wirausaha khususnya bidang endek termasuk juga mempromosikan sehingga para generasi muda lebih tertarik menggunakan endek.

Ketua Panitia Penyelenggara Duta Endek, Luh Riris Indah Rahma Putri yang juga Duta Endek Kota Denpasar tahun 2015 mengatakan pemilihan duta endek ini untuk menumbuhkan rasa cinta dan kebanggan generasi muda terhadap endek.

"Ini juga sebagai ajang promosi sehingga endek dicintai di semua kalangan. Pemilihan duta endek sebagai upaya Pemkot Denpasar dalam mempromosikan produk dalam negeri dengan semboyan `Endek Kita Punya, Kita Pakai, Kita Bangga`," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016