Singaraja (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali, menyatakan perlombaan perahu layar yang melibatkan nelayan di wilayah itu secara langsung mempromosikan potensi wisata bahari Pulau Dewata.


"Selain untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan RI, lomba juga memperkenalkan potensi bahari Buleleng yang semakin tertata rapi," kata Wakil Bupati Buleleng, I Nyoman Sutjidra di Singaraja, Bali, Selasa.


Ia mengatakan, antusias dan animo peserta dari tahun ke tahun terus meningkat, terlihat banyaknya peserta hingga ratusan orang mulai dari kalangan nelayan hingga peserta umum.


Lebih lanjut, ia memaparkan, dirinya ingin menguatkan bahari di Buleleng karena sesuai dengan apa yang digaungkan pemerintah pusat untuk menguatkan poros maritim.


"Maka dari pada itu sangat perlu berbagai kegiatan yang menyangkut kemaritiman yang sudah menjadi agenda tahunan kami di pemerintah kabupaten," paparnya.


Sementara itu, Ketua panitia lomba Made Arnika mengatakan lomba diikuti oleh 103 peserta dari beberapa kecamatan di Kabupaten Buleleng. Kategori lomba yakni yang tercepat dan sesuai dengan regulasi yang ditentukan oleh juri lomba.


Menurut dia, lomba perahu layar akan digelar pada Selasa (9/8) dimana kegiatan tersebut selama ini rutin digelar setiap tahun. Lomba bertujuan memperkenalkan wisata bahari kepada para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.


"Buleleng dengan panjang pantai mencapai sekitar 150 kilometer memiliki potensi yang sangat besar kaitannya dengan objek wisata berbasis laut (bahari)," demikian Arnika. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016