Singaraja (Antara Bali) - Wakil Bupati Buleleng, Bali, I Nyoman Sutjidra mendukung penuh kegiatan lomba gerak jalan serentak tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) serangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan RI.


"Kami mendukung penuh dan kedepan hadiah pembinaan akan terus ditingkatkan," kata Wabup Sutjidra saat membuka lomba gerak jalan tingkat SD di depan GOR Buwana Patra Singaraja, Selasa.


Ia mengatakan, berbagai jenis perlombaan menjelang HUT Kemerdekaan RI merupakan upaya pemerintah daerah setempat mengkampanyekan rasa cinta tanah air kalangan anak muda.


Dewasa ini, Sutjidra memaparkan, dirinya menilai kecintaan generasi muda terhadap bangsa dan tanah air mulai merosot seiring zaman globalisasi dan kemajuan teknologi.


Oleh karena itu, kata dia, diperlukan upaya signifikan mendidik dan memberdayakan anak muda semakin mencintai daerah, bangsa dan tanah air.


Dikatakan pula, melalui lomba gerak jalan pihaknya mengharapkan generasi muda mampu bangkit dengan jiwa patriotisme dan nasionalisme utuh sehingga akan tumbuh rasa persatuan dan kesatuan menuju pembangunan manusia Indonesia seutuhnya.


"Bukan hanya itu saja, lomba juga bertujuan untuk meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk menempa diri menjadi generasi muda kuat cerdas juga bermartabat, " katanya.


"Saya juga berbangga karena lomba serentak awal yakni tingkat SD diikuti ratusan peserta dan jumlahnya meningkat dari tahun ke tahun dimana tahun ini tercatat sebanyak 125 regu, " tambahnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016