Denpasar (Antara Bali) - Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komunikasi Hindu, Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar menyelenggarakan pelatihan jurnalistik kepada siswa SMA Negeri 1 Petang, Kabupaten Badung, Bali.

Ketua Panitia Kegiatan Pelatihan Jurnalistik, Agus Widiantara di Petang, Bali, Selasa mengatakan pelatihan jurnalistik terhadap para siswa SMA Negeri 1 Petang bertujuan mengajak para siswa agar lebih mengenal wawasan teknik penulisan berita.

"Pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan kepada para siswa tersebut merupakan bagian program dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya pengabdian masyarakat," ujarnya.

Ia mengatakan dipilihnya pengabdian masyarakat di Kecamatan Petang, karena wawasan dibidang jurnalistik perlu disebarluaskan kepada generasi muda, khususnya kepada para siswa.

"Kami memang memilih lokasi pelatihan di SMA Negeri 1 Petang, sebab di daerah tersebut cukup banyak potensi berita yang bisa ditulis dan diinformasikan kepada masyarakat. Kabupaten Badung bagian utara sebagai daerah perkebunan dan daerah tujuan agrowisata, untuk itu perlu dipromosikan lewat media massa," ucapnya.

Agus Widiantara lebih lanjut mengatakan kalangan pelajar perlu memahami teknik penulisan berita dan mencari teras berita yang menarik untuk dibaca, sehingga mampu menginformasikan potensi tersebut.

"Dalam pelatihan tersebut melibatkan narasumber dari kampus sendiri, namun mereka juga sudah berpengalaman dalam bidang media massa. Mereka juga sehari-harinya bekerja sebagai jurnalis di beberapa perusahaan penerbitan, baik cetak maupun elektronik," kata Agus Widiantara.

Dikatakan, dalam pelatihan selama dua hari hingga Rabu (13/7) diberikan materi yang berkaitan dengan penulisan, antara lain sejarah jurnalistik di dunia dan Indonesia, teknik dan sistematis penulisan hingga penulisan naskah berita di televisi.

Sementara Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Hindu IHDN Denpasar Dr. Ida Bagus Gede Candrawan mendukung semua kegiatan yang dilakukan mahasiswa pascasarjana tersebut.

"Kami mendukung kegiatan yang dilakukan para mahasiswa pascasarjana untuk berbagi ilmu kepada para siswa, khususnya di SMA Negeri 1 Petang. Dengan harapan ke depannya dalam penulisan untuk pembuatan majalah maupun koran dinding sekolah akan lebih baik," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016