Singaraja (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali, segera memperbaiki jalan rusak di Desa Lokapaksa, Kecamatan Seririt untuk memudahkan akses ekonomi masyarakat di wilayah itu.

"Jalan sepanjang empat kilometer ini yang menghubungkan Desa Lokapaksa dengan Desa Ularan baru 2,5 kilometer. Tahun ini jalan rusak yang telah menjadi jalan kabupaten akan diperbaiki segera," kata Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, Selasa.

Ia mengatakan, perbaikan jalan menelan anggaran senilai Rp6,6 miliar itu sudah mendapatkan pemenang dari proses tender. "Ya kita sudah mendapatkan pemenang untuk peningkatan jalan di Banjar Dinas Sorga ini. Bulan depan sudah mulai dikerjakan," ungkapnya.

Agus Suradnyana menambahkan, jalan tersebut sangat penting untuk diperbaiki segera, terlebih lagi ada ratusan kepala keluarga yang sering menggunakan jalan itu.

Agus juga mengungkapkan, perbaikan jalan diharapkan pula membantu memperlancar perekonomian desa setempat. "Ya ini sangat penting. Ada ratusan kepala keluarga di sini. Jadi kita ubah status jalan dan perbaiki jalan tersebut," imbuh Bupati Agus Suradnyana.

Selain meninjau jalan, Bupati Agus Suradnyana juga meninjau proyek saluran air sekunder yang macet di Desa Lokapaksa yang berhubungan langsung dengan Bendungan Titab.

Menurutnya, saluran ini sudah tiga tahun macet. Masyarakat pun tidak tahu harus mengadu kemana. Oleh karena itu pihaknya bulan lalu langsung turun ke lapangan.

Politisi PDIP itu segera menugaskan PU untuk mengajak para klian subak ke Balai Wilayah Sungai (BWS) untuk menjelaskan permasalahan yang terjadi.

Akhirnya mendapat respon dari Balai. Pengerjaan sudah dilaksanakan dari minggu lalu hingga akhirnya saluran terbuka. Ternyata di sana ada 300 meter saluran bawah tanah atau terowongan yang harus dibongkar karena adanya sedimentasi. Astungkara dengan lancarnya saluran ini, air akan mengaliri lima subak, katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016