Singaraja (Antara Bali) - Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan, Kabupaten Buleleng, Bali, siap menerima mahasiswa baru tahun ajaran 2016/2017 bagi para siswa tamatan SMA/SMK di Pulau Dewata.



"Pendaftaran hingga 30 Juni nanti. Bisa saja diperpanjang sesuai kebijakan kampus nantinya," kata Ketua STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Prof Dr Drs I Made Suweta di Kota Singaraja, Bali, Jumat.



Ia menjelaskan, STAHN MK yang merupakan perguruan tinggi negeri (PTN) kedua di Bali Utara itu mengklaim memiliki berbagai jenis jurusan bidang agama dan budaya yang diyakini dapat menarik minat para generasi muda.



"Kami menyediakan empat jurusan dengan 11 pragram studi yang dapat dipilih calon mahasiswa. Jika ada yang ingin bergabung, gratis biaya pendaftaran," katanya.



Prof Suweta memaparkan, beberapa jurusan di STAHN Mpu Kuturan yakni Jurusan Dharma Acarya dengan Program Studi Pendidikan Agama Hindu, Prodi Pendidikan Bahasa Daerah Bali, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Prodi Pendidikan Anak Usia Dini (PGSD). Jurusan Dharma Duta memiliki tiga program studi yakni Prodi Penyuluhan Agama Hindu, Ilmu Komunikasi dan Pemandu Wisata Budaya.



"Untuk Jurusan Brahma Widya ada Prodi Filsafat Hindu, Prodi Teologi Hindu dan Manggala Upacara (D2). Sementara Jurusan Sastra baru ada Prodi Hukum Hindu," katanya.



Lebih lanjut, ia mengungkapkan, STAHN Mpu Kuturan memiliki visi kedepan yakni menjadi perguruan tinggi yang dapat "mencetak" sumber daya manusia (SDM) unggul serta dapat melahirkan akademisi dan ilmuwan yang agamawan, cerdas dan terampil.



"Bukan hanya itu saja, yang terpenting adalah menjadikan insan-insan STAHN yang berkarakter `Tri Kaya Parisudha`, falsafah agama Hindu yang adiluhung dan universal. Berfikir yang baik, berkata yang baik dan berbuat yang baik," paparnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016