Semarapura (Antara Bali) - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan kepada kepala sekolah dan semua guru pengajar agar selalu memberikan pendidikan karakter, untuk memunculkan sifat-sifat yang kuat.

"Pendidikan karakter ini penting sekali. Pendidikan karakter yang kuat diberikan guru, akan memunculkan sifat sifat dan karakter yang kuat pula kepada siswa ," ujar Bupati Suwirta, ketika menghadiri acara pelepasan siswa SMK Pariwisata Yapparindo di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kania - Semarapura, Rabu.

Dia melanjutkan, sinegritas dan kepercayaan hendaknya dijaga, sehingga peran dari SMK Pariwisata Yapparindo dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan, termasuk inovasi pendidikan di Kabupaten Klungkung, benar-benar bisa membantu program pemerintah.

"Saya berpesan kepada siswa, jika ingin melanjutkan sekolah, lanjutkan dengan pikiran yang positif. Jangan ikut-ikutan teman dalam memilih sekolah. Suatu saat jika ikut-ikutan memilih sekolah, ada rasa kejenuhan," ucap dia.

Kepala Sekolah SMK Pariwisata Yapparindo Klungkung I Wayan Doyo mengatakan, pelepasan siswa kelas XII tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 370 orang.

"Tujuan pelepasan ini agar setelah tamat, siswa 85 persen dengan tiga jurusan ini, sudah bisa terserap di dunia pekerjaan. Yaitu jurusan akomodasi perhotelan, jasa boga dan tata kecantikan. Semoga nanti siswa bisa mencari pekerjaan yang terbaik," ujar Wayan Doyo.

Ke depan, lanjutnya, semua siswa di sekolah supaya ikut melanjutkan dan menerapkan program Pemerintah Kabupaten Klungkung, yaitu program aksi Gema Santi.

"Tetapkanlah hati dan pikiran kalian dalam kejujuran dan kebenaran. Niscaya kalian akan menjadi orang-orang yang sukses dan berhasil di masa depan," katanya berpesan.

Pada pelepasan kali ini, ujar Wayan Doyo, siswa peraih nilai tertinggi dalam rangka Ujian Nasional ialah I Komang Setiawan dengan jumlah nilai 317,0, Putu Dody Permana jumlah nilai 314, 9, dan Ni Kadek Ayu Darmani jumlah nilai 309,7.

Sementara itu, dalam sambutan Ketua Yayasan SMK Pariwisata Yapparindo Klungkung Ketut Mandia menyatakan agar nanti pemerintah dan yayasan mampu mengentaskan kemiskinan di masyarakat.

"Faktor pendidikan bisa menjadi salah satu indikator kemiskinan, yang ada di Kabupaten Klungkung," ucap Ketut Mandia. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Tri Vivi Suryani

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016