Karangasem (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Karangasem, Bali "Ngaturang Bakti Penganyar Penyineban" sebagai rangkaian Karya Pujawali Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Luhur Besakih.

Ritual "Bakti Penganyar Penyineban" dipimpin Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri bersama Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, didampingi Sekdakab Karangasem I Gede Adnya Mulyadi.

Kegiatan Bakti Penganyar ini berlangsung Kamis, dan difasilitasi Bagian Kesra Setda Kabupaten Karangasem. Acara diikuti seluruh kepala SKPD, beserta staf di jajaran pemerintah kabupaten setempat.

"Kegiatan Penganyar Penyineban dengan pemuspaan bersama ini, sangat bermanfaat. Selain untuk berdoa, juga meningkatkan sradha bakti kita kepada Sang Pencipta," ujar Bupat Mas Sumatri.

Dia melanjutkan, persembahyangan ini sebagai wujud bakti umat ke hadapan Ida Bhatara dan Bhatari. Utamanya Ida Bhatara dan Bhatari yang ber-stana di Pura Luhur Besakih. Juga diharapkan mampu menciptakan kesejahteraan dan kerahayuan jagat, serta memberikan kedamaian bagi masyarakat, khususnya masyarakat Karangasem.

Setelah persembahyangan bersama, ritual penyineban didahului dengan membawa pretima Ida Bhatara-Bhatari Pengider Buana di Pura Besakih, untuk kembali ditempatkan ke 18 pura di areal Pura Besakih.

Bupati Mas Sumatri bersama Wakil Bupati Artha Dipa pun turut serta `mundut` Pralingga Ida Bathara untuk disineb. Prosesi ini juga diiringi berbagi tarian dari para seniman, serta ditutup dengan tari Topeng Sidakarya.

Bupati Mas Sumatri selepas pemuspaan menyatakan, pihaknya mengapresiasi positif kegiatan Bakti Penganyar Penyineban di Pura Luhur Besakih ini, dan menyatakan terima kasih ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa atas karunia yang diberikan.

"Dengan tujuan mendoakan terciptanya kerahayuan jagat, agar terhindar dari mara bahaya. Seperti wabah penyakit serta berbagai bentuk penderitaan duniawi, serta mensucikan bhuana agung dan bhuana alit, agar senantiasa diberikan karunianya kepada umat manusia," ujarnya.

Kabag Kesra Setda Kab Karangasem Ida Bagus Gede Pidada ketika dihubungi mengatakan, kegiatan Ngaturang Bakti Penganyar Penyineban di Pura Luhur Besakih, merupakan kewajiban pemkab setempat dalam memperkokoh spiritual umat melalui pelaksanaan ritual keagamaan. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Tri Vivi Suryani

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016