Singaraja (Antara Bali) - Kolaborasi sendratari lawak (bondres) khas Bali Utara akan tampil memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-412 Kota Singaraja.

"Sejumlah grup bondres yang akan berkolaborasi seperti Bondres Sengap, Sunari Bajra, Rarekual dan Susik tampil dalam satu panggung bersamaan di Lapangan Buawa Patra Kota Singaraja," kata Kabag Humas Buleleng, Made Supartawan di Singaraja, Jumat.

Ia menuturkan, kolaborasi bondres pada HUT ke-412 kota Singaraja baru pertama kali digelar, dimana sebelumnya kalangan grup bondres tampil sendiri dalam berbagai kegiatan.

Supartawan menambahkan, terkait bondres, pada lomba seni dalam Pekan Apresiasi Seni (PAS) 2016 masih dalam rangkaian HUT Kota Singaraja, Pemkab Buleleng juga menyelenggarakan lomba bondres antarkecamatan, sebuah kegiatan yang baru pertama kali digelar dalam tahun ini.

Supartawan menyebutkan, lomba bondres antarkecamatan itu bertujuan untuk menjaring bakat seni bondres di seluruh daerah. "Buleleng memiliki potensi yang besar pada seni bondres. Banyak telah lahir seniman Bondres dari Bali Utara," ucap Made Supartawan.

Selain itu, Pemkab Buleleng juga menyelenggarakan lomba budaya seperti Lomba Tari Janger antar SMA/SMK, Lomba Cipta Gerak dan Tari antar SMA/SMK, Lomba Paduan Suara antar Kecamatan, Lomba Bleganjur Antar Kecamatan, dan Singaraja Band Heroes masih tetap dilaksanakan.

Dalam Pesta Rakyat Hut Kota tahun ini, pedagang tidak dipungut biaya sewa. Pemkab Buleleng telah menyiapkan tenda untuk digunakan berjualan secara gratis.

Bahkan, untuk memeriahkan pesta rakyat selama sepuluh hari, panitia dan tim kreatif telah menyiapkan sederet artis Bali dan Buleleng untuk tampil menghibur masyarakat Buleleng. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016