Karangasem (Antara Bali) -  Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, S.Sos.,MAP berikan beasiswa pada siswa-siswi SMPN I Manggis, Rabu (30/3).

Sebagai bentuk apresiasi  pemerintah terhadap siswa-siswi sekolah berprestasi, Pemerintah Kabupaten Karangasem gelar kegiatan Pemberian Beasiswa Berprestasi Siswa SMP Negeri 1 Manggis dan Tali Kasih bagi Orang Tua Kurang Mampu.

Beasiswa diberikan pada siswa-siswi SMPN I Manggis karena telah mampu mengumpulkan 345 buah prestasi dalam kurun waktu selama tiga tahun terakhir ini. Pemberian diserahkan langsung Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, S.Sos.,MAP di Aula SMPN 1 Manggis.

Hadir pula pada kegiatan yang difasilitasi Disdikpora Kab. Karangasem ini, Kepala Dinas pendidikan, Muspika Kec. Manggis, Kepala Pertamina LPG Kec. Manggis, Ketua GMT Kec. Manggis, Kelian Banjar dan Perbekel se-Kec. Manggis, Pengawas, Kepala UPT Disdikpora Se-Kec. Manggis, Kepsek SD/SMP/SMA/SMK se-Kec. Manggis, Ketua Komite, Para Pendidik, Siswa-siswi SMPN 1 Manggis.

Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri mengatakan, pemberian beasiswa bagi siswa-siswi berprestasi di SMPN 1 Manggis itu, merupakan salah satu bentuk upaya mewujudkan visi misi MasDipa dengan Nawa Satya Dharma (9 program unggulan) yaitu kesetaraan masyarakat dalam memperoleh pendidikan formal dan informal jenjang usia dini, SD dan SMP sederajat secara gratis utamanya masyarakat miskin melalui kartu Karangasem cerdas.

"Pemberian beasiswa seperti ini kiranya dapat dicontoh oleh seluruh masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan pendidikan di Karangasem," ujarnya.

Dikatakan, kepada para siswa yang menerima beasiswa, Bupati pun menyampaikan selamat dan berharap semoga bantuan ini dapat membantu anak-anak menuntaskan studinya di sekolah,"Gunakan beasiswa ini sebaik mungkin untuk kepentingan sekolah kalian. Dan yang paling penting adalah anak-anak yang menerima beasiswa ini tidak boleh berhenti sekolah di tengah jalan. Karena masih banyak teman-teman kalian yang nasibnya belum beruntung, sebab itu lanjutkan sekolah kalian sampai tuntas,"tegasnya.

Bupati Mas Sumatri menyerukan kepada seluruh masyarakat Karangasem agar turut serta berpartisipasi membantu upaya Pemkab. Karangasem dalam mengentaskan kemiskinan melalui jalur pendidikan.

"Dengan pendidikan akan memberikan cakrawala wawasan bagi kita untuk menciptakan peluang kerja. Dengan demikian perlahan-lahan kemiskinan dapat dientaskan. Dan untuk mewujudkan hal itu kita semua mau bekerja keras dan bersatu padu dengan penuh komitmen dan tanggung jawab," imbuhnya

Akhir sambutan Bupati Mas Sumatri sampaikan terima kasih atas dukungan Pertamina LPG Manggis dan Gerakan Masyarakat Terpadu (GMT) Kec. Manggis. Mas Sumatri diajak meninjau pameran lukisan karya siswa dan aktivitas mejejaitan.

Kepala Sekolah SMPN 1 Manggis Wayan Sarya dalam laporannya menyampaikan, kegiatan pemberian beasiswa dan tali kasih yang diserahkan langsung Ibu Bupati merupakan motivasi yang besar bagi sekolahnya, karena merupakan cermin kasih sayang seorang pemimpin daerah yang penuh olas kasih, pengayom masyarakat Karangasem.

"Kami sangat berterimakasih atas kedatangan Ibu Bupati, yang nantinya akan memberikan dorongan semangat agar siswa terus berprestasi,"ucapnya. (*)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016