Singaraja, (Antara Bali) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui Komando Distrik Militer 1609/Buleleng, Bali, berencana melakukan pembangunan akses jalan raya secara swadaya bersama masyarakat di wilayah Kecamatan Gerokgak, Bali bagian utara.

"Program tersebut serangkaian program TNI membangun desa yang akan dimulai pada April 2016 mendatang," kata Komandan Kodim 1609/Buleleng, Letkol Infantri Budi Prasetyo di Singaraja, Bali, Rabu.

Ia menjelaskan, program kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan salah satu program unggulan TNI di daerah itu membantu masyarakat membangun infrastruktur meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dikatakan, TMMD 2016 berupa melakukan pembangunan dan pelebaran jalan, pembangunan talud, perbaikan jembatan, pembangunan jembatan dan pembangunan saluran irigasi.

Secara umum, kata dia, sasaran fisik maupun non-fisik, yang dilaksanakan secara tersebar dapat diselesaikan sesuai rencana waktu yang ditentukan. "Untuk di Buleleng direncanakan pembangunan jalan raya di wilayah Desa Gerokgak dimana sangat disambut baik masyarakat.

Prasetyo lebih lanjut memaparkan, pembangunan jalan dengan panjang kurang lebih dua kilometer itu juga akan melibatkan peran pemkab Buleleng. "Kami sudah melakukan komunikasi dan Pemkab Buleleng sangat mendukung kegiatan tersebut," imbuhnya.

Selain itu, pihkanya berharap dengan pembangunan jalan yang ada diharapkan dapat membantu melancarkan aksesibilitas masyarakat yang sebagian besar bergerak dalam bidang perkebunan.

"Bukan hanya itu saja, diharapkan juga dapat dimanfaatkan bagi masyarakat yang melakukan aktivitas keagamaan. Dimana selama ini jalan di daerah itu rusak parah dan tidak memadai," papar dia. (KUN)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016