Karangasem (Antara Bali) - Keberadaan Pusat Listrik Tenaga Surya (PLTS) selama ini dirasakan sangat membantu ketersediaan listrik sebagai sumber tenaga listrik di Bali.

Selain dapat menambah pendapatan daerah, keberadaan PLTS secara tidak langsung akan membuka lapangan kerja baru bagi daerah tersebut. Demikan terungkap saat Audensi Paguyuban Merah Putih Bali (PMPB) dengan Bupati Karangasem Mas Sumatri didampingi Plt. Asisten Ekonomi Pembangunan I Made Sujana Erawan di Ruang Rapat Wakil Bupati, Rabu (16/3).

Putra Astaman mewaliki Paguyuban Merah Putih Bali (PMPB) menjelaskan pihaknya ingin berjuang untuk menciptakan pemerataan pembangunan di Bali. Karena saat ini dirinya melihat adanya ketimpangan pembangunan antara Bali Barat dan Bali Timur, dimana pembangunan dan lapangan kerja di daerah Timur masih sangat minim, terutama di daerah Karangasem.

Untuk itu, purnawirawan jendral bintang dua ini melihat adanya celah untuk mengatasi masalah tersebut dengan pembangunan PLTS baru di daerah Karangasem sebagai Badan Usaha Milik Desa ataupun Daerah. Dengan keberadaan PLTS tersebut akan dapat meningkatkan APBD dan juga membuka peluang kerja bagi masyarakat di Kabupaten karangasem

Putra Astaman memaparkan keberadaan PLTS ini akan sangat menunjang program Masdipa dengan prinsip ekonomi kerakyatan, sehingga masyarakat Karangasem tidak perlu lagi mencari pekerjaan di luar daerah.

PLTS tersebut nantinya akan melibatkan berbagai pihak terutama Pemerintah Kabupaten Karangasem dan pihak terkait, dimana manajemen yang dijalankan harus profesional, sehingga akan mecapai hasil yang maksimal.

Bupati Karangasem IGA Sumatri mengatakan pihaknya menyambut baik akan maksud tersebut untuk menjadikan PLTS Kubu masuk sebagai BUMDes ataupun BUMD.

"Kami sangat bersukur karena Pemerintah Pusat melalui Kementerian ESDM, dulu Jro Wacik sebagai Menterinya menyalurkan bantuan dengan membangun PLTS di Karangasem, ini disebabkan potensi alam Karangasem khususnya daerah Kubu sangat menunjang untuk dibangun PLTS karena daerahnya cukup panas sepanjang tahun. Kami akan mempelajari dulu apa sudah sepenuhnya proyek pusat itu dihibahkan pada Kabupaten Karangasem. Terkait akan tujuan ini kami nantinya akan merapatkan dengan instansi terkait, biar tidak salah langkah,"jelasnya.

Usai audensi dengan Bupati Karangasem, Rombongan PMPB menyempatkan diri untuk meninjau langsung Pusat Listrik Tenaga Surya berdaya 1 megawatt yang telah dibangun pemerintah pusat di daerah Kubu, Karangasem. (*)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016