Mangupura (Antara Bali) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung, Bali, I Gde Putra Suteja, menyatakan sudah menyiapkan kajian pengadaan 26 unit ambulans untuk 26 desa dengan anggaran Rp25 miliar, sehingga dapat dimanfaatkan setiap desa yang memerlukan tindakan kesehatan.

"Setelah kami kaji sesuai permintaan Bupati Giri Prasta, ambulans harus dilengkapi dengan tenaga operasional baik sopir maupun perawat, sehingga efektif dalam memberikan pelayanan darurat kepada masyarakat," ujar Sutedja di Mangupura, Selasa.

Ia menjelaskan, sesuai perencanaan ambulans akan menggunakan jenis mobil Suzuki AVP, dengan perlengkapan standar, seperti tempat tidur, tabung oksigen dan perlengkapan standar lainnya untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang memerlukan, sedangkan pengadaan sudah masuk dalam e-katalog dan tidak melalui proses pelelangan.

"Untuk realisasi pengadaan ambulans itu menunggu kebijakan Bupati dan optimistis pada Tahun 2016 ini sudah dapat diwujudkan," katanya.

Ia menerangkan, mobil ambulans tersebut akan tetap siaga 24 jam dan ditempatkan pada puskesmas atau puskesmas pembantu yang ada diseluruh desa, sedangkan ambula akan siap siaga selama 24 jam melayani masyarakat, yang membutuhkan tindakan kesehatan lebih lanjut ke rumah sakit.

Untuk status mobil ambulans itu, lanjut dia, ada dua opsi yakni dihibahkan kepada desa atau tetap di bawah Dinas Kesehatan yang ditempatkan di desa, namun opsi pertama lebih baik karena bila statusnya di bawah Dinas Kesehatan pengawasan dan pemeliharaan ambulan bisa lebih baik.

Selain kebijakan ambulan desa, pihaknya diminta Bupati untuk mengkaji rencana pelayanan mobil kesehatan keliling (rumah sakit keliling), yang lengkap dengan fasilitas didalamnya, seperti ruangan tindakan atau operasi.

"Kajian ini seperti mobil Mangupura "Women Service" (Mawas) yang kita miliki yang akan keliling memberikan pelayanan kesehatan," katanya.

Namun, untuk pengadaan satu unit mobil keliling itu mencapai dua miliar rupiah, sehingga untuk diberikan kepada enam kecamatan, maka membutuhkan dana Rp12 miliar.

"RS Keliling ini kemungkinan besar akan direalisasikan pada tahun anggaran selanjutnya," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016