Amlapura (Antara Bali) - Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri menegaskan, bahwa saat ini merupakan momen kebangkitan perempuan, karena perjuangannya telah dibuktikan dalam berbagai bidang pembangunan.

"Perjuangan perempuan telah dibuktikan dalam berbagai bidang pembangunan, yaitu, pendidikan, ekonomi, politik, hukum, sosial budaya dan pertahanan keamanan. Jadi sekarang ini merupakan momen kebangkitan perempuan Indonesia," kata Bupati Mas Sumatri pada Rapat Koordinasi Gabungan Organisasi Wanita (GOW) yang disinkronkan dengan HUT IWAPI ke-41 dan HUT Pesantian Darma Wanita di Amlapura, Senin.

Bupati Mas Sumatri melanjutkan, momen ini telah menunjukkan jika sudah ada kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam pembangunan nasional.

Dikatakan dia, penting untuk melihat perempuan sebagai subyek pembangunan, yang memiliki kesempatan dan hak serta kewajiban yang sama dengan kaum laki-laki. Kaum perempuan harus terus-menerus meningkatkan kualitas diri. Baik dalam hal pengetahuan, keterampilan, profesionalisme serta terus mengembangkan diri, sehingga dapat mengambil peran yang positif di berbagai bidang pembangunan.

"Dengan demikian agar perempuan dapat berkiprah sebagai mitra sejajar dengan kaum laki-laki di dalam setiap elemen dan komponen masyarakat. Untuk itu kaum perempuan diharapkan mampu menciptakan inovasi, sehingga hasil karyanya bisa bermanfaat bagi masyarakat," ujar dia.

Bupati Mas Sumatri mengharapkan kepada anggota serta warga masyarakat, untuk selalu siap bersaing pada era pasar bebas seperti saat ini. Dengan mewujudkan hasil kerja nyata untuk menuju kesuksesan di bidang usaha apapun, guna dukung pembangunan di Karangasem.

Usai memberi sambutan, Bupati Mas Sumatri membuka acara Rapat Koordinasi GOW Karangasem yang ditandai dengan peniupan lilin ulang tahun IWAPI dan Pesantian Darma Wanita Karangasem, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng.

Bupati pun menyerahkan potongan tumpeng pertama, yang diterima Kepala BPPKB dr Priagung Duarsa. Potongan tumpeng yang kedua diterima Ketua GOW dan WHDI Karangasem Nyonya Sumawati Sukerana.

Kegiatan ini difasilitasi Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB). Selain Bupati Mas Sumatri, kegiatan ini juga dihadiri Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa.

Turut serta mendampingi Sekdakab Karangasem I Gede Adnya Mulyadi, staf ahli bupati, para asisten, kepala SKPD terkait, Ketua DPD IWAPI Bali, Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Karangasem beserta anggota, Ketua WHDI Karangasem dan anggota, Ketua GOW Karangasem dan anggota, serta Ketua Darma Wanita Persatuan Kabupaten Karangasem dan anggota. Kegiatan ini bertempat di Gedung UKM Center, Amlapura.

Kegiatan diawali dengan pementasan tarian Sekar Jagat sebagai pembuka, dilanjutkan dengan laporan Kepala Badan PPKB dr Priagung Duarsa yang menyampaikan, rapat koordinasi kali ini mengambil tema `Satukan Hati Tingkatkan Inovasi dan Daya Saing Produk Baru Guna Meningkatkan Pasar Global`.

"Tekad ini dibutuhkan GOW yang merupakan wadah seluruh gabungan organisasi wanita untuk menghadapi persaingan di era pasar global, dengan mewujudkan hasil kerja nyata dalam menuju kesuksesan di bidang usaha apapun. Guna mendukung pembangunan di Kabupaten Karangasem yang Cerdas, Bersih dan Bermartabat berlandaskan Tri Hita Karana," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Tri Vivi Suryani

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016