Singaraja (Antara Bali) - Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Buleleng, Bali memberikan 100 paket sembako dan pelayanan kesehatan gratis kepada kalangan lansia di wilayah Kecamatan Gerokgak, Senin.

Kegiatan tersebut diberikan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng Nyonya Aries Suradnyana dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng Nyonya Wardhany Sutjidra.

Ketua TP PKK Buleleng, Nyonya Aries Suradnyana mengatakan, pihaknya memberikan pelayanan kesehatan gratis untuk para lansia penderita mata katarak di dua desa yakni Tukad Sumaga dan Banyupoh.

Ia menjelaskan, setelah melakukan pengecekan kesehatan mata, bagi para lansia yang mengidap mata katarak akan dioperasi setelah melakukan koordinasi dengan SKPD terkait.

Bukan hanya itu, disela-sela kegiatan, Ketua dan Wakil ketua TP PKK juga mengajarkan senam jari untuk para lansia. "Kami ingin lebih dekat dan mengetahui langsung kesulitan masyarakat," kata dia.

Menurut Ny. Aries Suradnyana, pemberian sembako tersebut hanya sekedar untuk membantu para lansia yang kurang mampu untuk kehidupannya sehari-hari.

Ia mengaku pemeriksaan kesehatan ini dilakukan secara mendadak. "Karena kami melihat banyak lansia yang mingidap mata katarak kami langsung mendatangkan dokter dari puskesmas terdekat untuk melakukan pemeriksaan," aku istri Bupati Buleleng itu.

Sementara itu, kata dia, operasi mata akan dilakukan di masing-masing desa jika pengidap katarak cukup banyak. "Kami akan datangkan mobil operasi jika memang banyak pasiennya, jika sedikit kita akan ajak ke rumah sakit atau ke puskesmas terdekat," pungkasnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016