Kuta (Antara Bali) - Pantai Kuta, Kabupaten Badung, Bali dipenuhi sampah kiriman akibat hujan deras yang melanda daerah ini dalam beberapa hari terakhir ini, sehingga membuat petugas kebersihan pantai khawalahan menanganinya.

Cuaca buruk berupa hujan yang disertai tiupan angin yang cukup kencang menyebabkan Pantai Kuta dan sekitarnya menerima kiriman sampah berton-ton yang terdampar di pasir putih, demikian hasil pemantauan Antara Minggu.

Sampah kiriman tersebut berupa batang kayu berukuran besar, ranting pepohonan dan sampah plastik. Petugas kebersihan berusaha menanganinya secara maksimal, namun sampah kiriman itu masih tampak di mana-mana.

Andrew Gruw, seorang wisatawan Australia mengaku sangat prihatin melihat kondisi Pantai Kuta yang dipenuhi oleh sampah.

"Tentu saja saya sangat sedih karena banyak sampah kiriman sebagai akibat ulah manusia yang tidak memperhatikan kebersihan dan kelestarian lingkungan," katanya.

Demikian pula wisatawan lainnya Mandy Shaves, juga wisatawan dari Australia mengaku, yakin sampah-sampah plastik tidak seluruhnya datang dari Bali.

"Sampah-sampah kiriman itu tidak tertutup kemungkinan juga dari luar Bali," katanya. Tumpukan sampah di Pantai Kuta setiap musim hujan yang disertai dengan tiupan angin yang kencang kerap kali menerima kiriman sampah sehingga Pantai Kuta tampak kotor.

Padahal minggu sebelumnya Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) dan Quiksilver Indonesia berperanserta secara aktif ikut memelihara keindahan dan kebersihan lingkungan pantai Kuta dan empat pantai yang menjadi objek wisata di Bali.

Keterlibatannya itu dilakukan secara berkesinambungan sejak tahun 2007 atau sembilan tahun silam.

Menurut Public Affairs & Communication CCAI untuk wilayah Bali Indah Triyanti, peransertanya itu untuk menjaga kebersihan lingkungan pantai itu melalui program Bali Beach Clean Up (BBCU).

Program BBCU merupakan salah satu bentuk nyata komitmen CCAI dan Quiksilver untuk berperanserta menjaga keindahan dan kebersihan pantai yang menjadi faktor penting menarik minat wisatawan untuk tetap berliburan ke Bali.

Untuk itu setiap harinya 78 petugas BBCU dibantu empat unit traktor membersihkan 9,7 km Pantai di Kuta, Legian, Seminyak, Kedonganan dan Jimbaran di wilayah Kabupaten Badung. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Pande Yudha

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016