Mangupura (Antara Bali) - Objek Wisata Taman Ayun, Badung, Bali, ramai dikunjungi wisatawan domestik, Kamis, karena memiliki daya tarik tersendiri dan sebagai warisan budaya yang dinobatkan UNESCO Tahun 2012.

"Kunjungan wisatwan ke Objek Wisata Taman Ayun usai libur Galungan (Hari Raya Umat Hindu) yang khusus ada di Bali cukup ramai saat ini," ujar Putu Matra, petugas penjaga area hiburan Ayunan Jandra, di Objek Wisata Taman Ayun, Badung, Bali.

Ia mengatakan, membludaknya kunjungan wisatawan ke objek wisata itu karena memiliki area hiburan ayunan jandra yang berbahan dasar kayu berusia puluhan tahun itu, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang ke destinasi wisata itu.

Matra menuturkan, khusus wahana ayunan jandra itu banyak dicoba oleh anak-anak sekolahan (SD dan Taman Kanak-kanak) yang datang ditemani orang tuanya.

"Wahana ini banyak dicoba anak-anak dan cara bermainnya pun masih menggunakan cara manual dengan menggunakan tangan untuk memutar ayunannya," ujarnya.

Pantauan Antara, di luar area Taman Ayun tersebut tampak banyak wisatawan memadati puluhan pedagang yang ada di lokasi objek wisata itu aneka makanan, pakaian dan cenderamata yang berjejer menjajakan dagangannya.

Menurut salah seorang pedagang makanan di daerah itu, Burhanudin mengatakan, wisatawan yang datang ke objek wisata itu sudah ramai datang sejak pagi hari saat libur Galungan di Bali saat ini.

"Dibandingkan libur Hari Raya Galungan enam bulan lalu, kunjungan wisatawan kali ini lebih ramai dan banyak pembeli yang datang untuk sekadar membeli minuman ditempat saya ini," ujanya.

Pria berasal dari Lombok ini mengaku hampir setiap libur Hari Raya Galungan dan Kuningan (Hari Raya Umat Hindu) selalu datang ke Taman Ayun untuk berjualan.

"Saya memprediksi kunjungan wisatawan ke objek wisata ini akan tetap ramai hingga sepekan hingga Libur Hari Raya Galungan dan Kuningan berakhir," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016