Singaraja (Antara Bali) - Wakil Bupati Buleleng Drs Made Arga Pynatih MSi, Kamis malam membuka kejuaraan bola voli "Gapura Cup II" di lapangan Desa Kekeran, Kecamatan Busungbiu, Bali bagian utara.

Ketua Panitia "Gapura Cup II" Putu Suarjana mengatakan, kejuaraan yang akan berlangsung selama 14 hari itu, diikuti 14 klub yang tidak hanya berasal dari Kabupaten Buleleng, tetapi juga Kabupaten Tabanan dan Jembrana.

Selain dalam rangka ikut mendukung program pemerintah dalam upaya memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat, melalui cabang kejuaraan bola voli, kata Suarjana, juga untuk memupuk jiwa sportivitas di kalangan generasi muda.

Dikatakan, dengan membiasakan kalangan generasi muda untuk berolahraga, senantiasa akan dapat terhindar dari kegiatan negatif, seperti minum minuman keras, kebut-kebutan di jalan raya, dan bentuk lain yang membahayakan kesehatan.

Melalui olahraga pula akan menjadikan badan yang sehat, mental yang sehat, sekaligus akan tumbuh pikiran yang jernih, yang justur hal ini sangat diperlukan dalam pembangunan, kata Suarjana yang anggota DPRD Buleleng itu.

Wakil rakyat dari Partai Hanura yang duduk di Komisi D DPRD Buleleng yang membidangi sosial dan kependidikan ini, menambahkan, untuk memotivasi peserta, panitia menyediakan hadiah uang Rp25 juta, masing-masing untuk juara I diberikan Rp10 juta, juara II mendapat Rp7,5 juta, juara III diberikan Rr5 juta, serta di tempat ke-4 disediakan hadiah Rp2,5 juga. Selain itu juga piala tetap dan piagam penghargaan.

Putu Suarjana yang sekaligus mendanai kejuaraan tersebut, mengharapkan, kejuaraan ini akan bergulirkan untuk setiap dua tahun sekali, sehingga ke depan bisa dijadikan kalender kegiatan oleh Pengkab PBVSI Buleleng.

Wakil Bupati Buleleng Made Arga Pynatih menyambut baik digelarnya kejuaraan kali ini, sehingga akan semakin menambah semaraknya kegiatan olahraga di daerah di Bali bagian utara itu.

Olahraga merupakan hal penting dalam menunjang kegiatan sehari-hari, katanya.

Untuk itu, dia berharap ada lagi kegiatan semacam ini yang dilaksanakan oleh desa maupun kecamatan yang ada di Buleleng.

"Jika pertandingan sering dilakukan, saya mempunyai keyakinan akan meningkatkan prestasi olahraga voli di Buleleng," ucapnya.

Buleleng sebenarnya memiliki potensi untuk bola voli, namun belum digerakkan dan dibangkitkan secara maksimal. Ini tugas dari PBVSI untuk melakukan pembinaan terus-menerus, ujar Made Arga Pynatih.

Mengawali pertandingan di hari pertama, tim Gapura menggilas Polres Buleleng dengan 3-1 serta regu Porari menumbangkan Fajar Mas dengan 3-0. Pertandingan mendapat sambutan meriah dari pecinta atau penggemar olahraga bola voli di Bali utara. (*)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2010