Jakarta (Antara Bali) -   Psikolog dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Dr Diana Muthi MSi, meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk menyelidiki secara komprehensif motif dari penerbitan buku yang mengandung muatan radikalisme tersebut.

"Dalam konteks situasi Indonesia seperti ini, kalimat seperti "bantai" atau "bazoka" tidak diperlukan karena tidak dalam kondisi perang. Jadi, tidak perlu dimasukkan ke dalam buku TK," ujar Diana di Jakarta, Senin.

Pernyataan Diana tersebut terkait dengan ditemukannya buku pelajaran untuk anak Taman Kanak-kanak (TK) yang mempunyai muatan radikalisme di Depok, Jawa Barat. "Usia dini sangat efektif untuk menanamkan benih radikalisme, karena pada usia itu perkembangan anak sangat pesat dan merupakan periode emas dalam hidupnya," ia menjelaskan.

"Terutama pada usia anak empat tahun, perkembangan anak mencapai 50 persen. Pada usia tersebut, sangat bagus anak belajar bahasa, juga mulai terbentuk karakternya. Usia ini merupakan usia kritis, bahkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa periode itu termasuk usia emas," jelas dia.

Menurut dia, sangat tepat jika Kemdikbud tidak hanya melakukan pelarangan saja. Tetapi juga melakukan penyelidikan, terhadap seluruh bahan ajar yang ada di sekolah.

"Jangan hanya menjadi pemadam kebakaran, begitu ada laporan baru kemudian ditindaklanjuti. Kemdikbud harus melakukan inisiatif untuk menyelidiki bahan ajar yang ada di sekolah dan bagaimana pula pola pengajarannya," cetus dia.

Selain itu, pelarangan juga hanya bersifat pasif dan akan sia-sia jika tidak ada pengawasan dari pemerintah.

Buku paket pelajaran tersebut berjudul "Anak Islam Suka Membaca" jilid satu, dua, tiga, empat, dan lima. Namun, di antara susunan kata-kata dalam buku tersebut, ada kata-kata yang mengandung ajaran radikalisme yang dapat membahayakan.

Pada jilid lima, ada kata-kata "sa-hid-di-me-dan ji-had" serta "se-le-sai ra-ih ban-tai ki-yai".Pada jilid empat, ada kata-kata, "mu-na-fik", "bom", dan "ha-ti-ha-ti-man-haj-ba-til".

Sementara pada judul ketiga, kata dia, banyak kata-kata yang mengandung ajaran radikalisme, seperti, "ge-ga-na-a-da di-ma-na", "re-la ma-ti-de-mi a-ga-ma", "ki-ta se-mu-a be-la a-ga-ma", "ba-zo-ka di-ba-wa-la-ri", dan "ha-ti-ha-ti zo-na ba-ha-ya". (WDY)

Pewarta: Reported by Indriani

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016