Denpasar (Antara Bali)- National Institute of Information Technology (NIIT) India, sebuah lembaga pendidikan teknologi informasi (TI) dan Bahasa Inggris terkenal di Asia  menggandeng STIKOM Bali untuk kerja sama penyelenggraan pendidikan Program Diploma I Bahasa Inggris. Kerja sama ini sudah ditandatangani di Denpasar beberapa bulan lalu  oleh Pravesh Kumar, Country Head  Asia Pasific Region NIIT, dan Dr. Dadang Herman, Ketua STIKOM Bali.

Menindaklanjuti kerja sama tersebut, Sabtu (23/1/2016) STIKOM Bali meluncurkan Program D-1 Bahasa Inggris. Dadang Hermawan mengatakan, program D-1 Bahasa Inggris ini nantinya akan dikelola oleh Lembaga Pendidikan Bali Asia (LPBA) Denpasar, sebuah "sister institute" STIKOM Bali.

"Program D-1 Bahasa Inggris ini dimaksudkan untuk mendidik mahasiswa  agar memiliki  kemampuan profesional Bahasa Inggris kelas dunia setingkat TOEFL dan berkeinginan memperoleh  gelar   Diploma  dari LPBA Denpasar dan Diploma  dari NIIT India," terang Dadang Hermawan.

Lebih jauh Dadang Hermawan menjelaskan,   program Diploma 1 Bahasa Inggris  ini   terkoneksi dengan  perguruan tinggi lainnya di Indonesia serta perguruan tinggi di luar negeri. Karena itu standar kurikulum, tenaga pengajar dan modul disesuaikan standar di LPBA Denpasar dan  NIIT India.

Menurut Dadang Hermawan, untuk ukuran Asia, India merupakan salah satu negara yang memiliki SDM  bidang IT dan Bahasa Inggris terbaik setelah Jepang,  Korea, dan Tiongkok. "Karena  itu kami menyambut kerja sama dengan NIIT," katanya.

Sementara itu Pravesh Kumar menjelaskan, konsep pendidikan D-1 Bahasa Inggris ini adalah  double track curriculum sehingga lulusan perguruan tinggi  mendapatkan gelar Diploma, Honour Diploma, dan Professional Diploma dari NIIT sebagai kompetensi pendamping program sarjana.

"Selain itu, kami menjalankan World Class Curriculum dan World Class methodology  sehingga perguruan tinggi di Indonesia memiliki peluang lebih tinggi dalam persaingan mendapatkan pekerjaan. Dan terpenting kami menjalankan konsep penjaminan mutu pendidikan sesuai standar NIIT," beber Pravesh Kumar.  (*)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016