Semarapura (Antara Bali) - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memimpin langsung pembersihan dan pemetaan jalan akses menuju Dermaga Gunaksa untuk mempercepat beroperasinya.

"Setelah pemetaan, dilakukan secepatnya dilaporkan ke pusat, yakni Kementerian Pekerjaan Umum (PU) untuk segera ditindaklanjuti dan dipastikan kapan Dermaga Gunaksa bisa diuji coba," ucap Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di Semarapura, Minggu.

Menurut dia, upaya percepatan beroperasinya Dermaga Gunaksa terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Klungkung. Bersama seluruh staf Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pertanian serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Klungkung, Bupati Klungkung Nyoman Suwirta didampingi Wakil Bupati Klungkung Made Kasta memimpin langsung pembersihan dan pemetaan jalan akses Dermaga Gunaksa beberapa waktu lalu. Jalan Akses ini merupakan lahan Pemda yang telah berhasil dibebaskan.

Sebelumnya, jalan akses sepanjang 1,8 km dan lebar 30 meter kondisinya dipenuhi tumbuhan semak belukar dan eceng gondok, serta banyak kubangan air di beberapa titik. Hal ini mengakibatkan patok beton penanda jalur akses menuju dermaga tidak terlihat dengan jelas.

Di bawah sengatan matahari, Bupati Suwirta didampingi Wabub Kasta, Setda Putu Gede Winastra dan Kadihubkominfo I Nengah Sukasta turun langsung melakukan pembersihan semak belukar, kemudian membentangkan tali untuk mempertegas jalur akses.

Bupati Suwirta dan Wabup Kasta bahkan sampai mendayung perahu karet ke tengah kubangan untuk membersihkan pipa-pipa aliran air dari tanaman eceng gondok.

Dengan aksi pembersihan yang dilanjutkan dengan pemetaan ini, patok-patok beton penanda jalur menuju dermaga sedikit demi sedikit dapat terlihat dengan jelas.

Bupati Suwirta juga memeriksa kedalaman beberapa kubangan dengan dahan kayu seadanya, dan langsung memerintahkan Dinas PU dan Dishub untuk berkoordinasi secepatnya melakukan pengurugan.

Pembersihan dan pemetaan jalan akses ini melibatkan dua buah alat berat yaitu Loader dan Excavator, guna membantu melakukan perataan dan pengurukan kubangan.

Kadishubkominfo Nengah Sukasta memperkirakan pekerjaan ini akan membutuhkan waktu dua minggu. "Ini merupakan tahap awal pengerjaan jalan akses, yang selanjutnya pekerjaan fisik akan dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum," ujar Kadishukominfo Nengah Sukasta.

Setelah melakukan penyisiran dan pengecekan di beberapa sudut dermaga, Bupati Suwirta memerintahkan para pimpinan SKPD, yakni Kepala Dinas Perhubungan Nengah Sukarta, Kepala Dinas PU Gusti Nyoman Supartana, dan Kepala BPBD Putu Widiada untuk terus berkoordinasi melakukan pembersihan dan pemetaan jalur akses dermaga ini. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Tri Vivi Suryani

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016