Singaraja (Antara Bali) - Kepolisian Sektor Celukan Bawang, Kabupaten Buleleng, Bali mengintensifkan pengamanan di kawasan itu menjelang Perayaan Natal 2015.

"Untuk menghindari kegaduhan menjelang Natal dan Perayaan Tahun Baru 2016 dilakukan pengamanan ekstra ketat," kata Kapolsek Celukan Bawang," AKP Ketut Adnyana Tunggal Jaya, Kamis.

Ia menuturkan, pengamanan dilakukan dengan membangun barikade di pintu masuk dermaga pelabuhan utama dan sejumlah tempat yang menjadi pintu masuk ke kawasan pelabuhan terbesar di Bali bagian utara itu.

Adnyana menambahkan, pihaknya juga melakukan koordinasi melalui rapat dilakukan Rabu (23/12) di Kantor Pelindo III Celukan Bawang yang dihadiri General Manager Pelindo III Celukan Bawang, Dewa Adi Kumara Jaya, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Celukan Bawang,I Ketut Gede Sudarma, Camat Gerokgak, Gede Ariadi serta Kepala Pos TNI AL Celukan Bawang, Letda Laut Agus Thoha.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan koordinasi intinya membahas portal di daerah pesisir pelabuhan. "Portal tersebut nantinya untuk melakukan seleksi atau pemeriksaan terhadap pengunjung yang akan keluar masuk menuju pelabuhan. Pelabuhan utama akan steril dari kegiatan malam tahun baru," terang Adnyana TJ.

Nantinya, kata dia, portal tersebut bersifat permanen dan akan dibangun permanen dengan maksud yang sama yakni memberikan pengamanan ekstra teradap kawasan pelabuhan.

"Titik Portal akan berada di depan Pos TNI AL dan akan dibangun oleh Pelindo III dan KSOP. Khusus untuk perayaan malam tahun baru warga akan dikonsentarsikan di kawasan Dermaga III dan dermaga utama di tutup total," imbuhnya.

Mantan Kasatreskrim Polres Buleleng itu menambahkan pengamanan juga menyasar kapal dan awak kapal yang merapat di pelabuhan.

Untuk melakukan pemeriksaan, menurut Adnyana, pihaknya bekerja sama dengan KSOP karena selaku pemegang otoritas pelabuhan.

"Dengan Syahbandar nanti kami akan melakukan pemeriksaan terhadap kapal maupun ABK. Ini penting unttuk memastikan keamanan semua pihak di kawasan pelabuhan," ujarnya.

Sedang pengamanan warung remang-remang semakin diperketat terutama menjelang Natal dan Tahun Baru. "Kami sudah lakukan beberapa kali razia dan pengamanan yang kami lakukan sudah mendekati maksimal sesuai rencana yang telah disusun," tandasnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015